close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Menkopolhukam RI, Beri Pengarahan Kepada Bupati/Walikota Se - Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-926
Rabu, 02 Mar 2016

Kampar, - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan RI, Luhut Panjaitan, memberikan pengarahan kepada Bupati/ walikota pada kegiatan Antisipasi Gangguan Anarkisme, Radikalisme dan Terorisme untuk menjaga stabilitas Politik, Keamanan, hukum dan Ekonomi, Rabu, (02/03/2016) di Hotel Labersa Kampar.

Dalam acara tersebut, selain Bupati/Walikota juga turut hadir Forkompinda Provinsi dan Kab/Kota, Kepala Dinas/Badan di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau, TNI/Polri, Camat, Lurah/ Kades/RT/RW.

Dalam pengarahan Menkopolhukam RI, Luhut Panjaitan mengatakan; Terorisme saat ini menjadi masalah serius dunia, apalagi di negara Timur Tengah banyak terjadi pertikaian, yang mengakibatkan ketertiban dan keamanan tidak kondusif lagi.

Hal ini ini Menkopolhukam RI, mengharapkan permasalahan terorisme ini dapat teratasi, hal ini harus adanya turun tangan instansi terkait seperti, Polri, TNI, Gubernur, Bupati/Walikota, Camat, Lurah/Kades, RW maupun RT.

Selanjutnya kata Menkopolhukam RI, selain Terorisme, permasalahan yang bisa merusak bangsa adalah Narkoba, melalui pemerintah pusat, pemberantasan Narkoba juga telah di galakkan, begitu juga stabiltas ekonomi, saat ini pemerintah pusat melaksanakan program pemerataan, melalui pembangunan insfrastruktur Jalan, Bendungan, jembatan. Untuk itu Menkopolhukam RI menghimbau kepada anak – anak menerus bangsa untuk dapat berdaya saing menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dengan memberikan pendidikan yang setinggi – tingginya.

Sementara itu pada acara yang sama, Plt. Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan pada tahun 2015 yang lalu di Provinsi Riau telah sukses dan aman melaksanakan Pilkda Serentak di sembilan Kab/Kota dan pada tahun 2017 nanti, di Provinsi Riau akan melaksanakan Pilkada Serentak kembali untuk dua Kab/Kota yakni Kota Pekanbaru dan Kab. Kampar.

Selanjutnya Plt. Gubri juga menyampaikan bahwa pemerintah Provinsi Riau telah melakukan koordinasi kepada instansi terkait guna pencegahan Kebakaran hutan dan lahan dengan membuat program-program, posko maupun tenaga desa yang dipekerjakan untuk menjaga kebakaran hutan dan lahan.

Pada kesempatan terakhir Plt. Gubri mengharapkan permasalahan pembangunan jalan Tol Pekanbaru – Dumai, Rel Kereta Api, RTRW Provinsi Riau dan Kelistrikan agar dapat menjadi perhatian pemerintah pusat untuk dapat dibantu, melalui Menkopolhukam RI. (Humas Kesbangpol)