Jumat, 17 Mei 2013
PWI Riau Gelar UKW Angkatan III

PEKANBARU: Persatuan Wartawan Indonesia Cabang Riau kembali mengadakan Uji Kompetensi Wartawan. Pelaksanaan UKW Angkatan III bagi anggota PWI Riau ini dijadwalkan dua hari pada, 27-28 Mei 2013 ini di Pekanbaru. Hal itu disampaikan Ketua PWI Cabang Riau H Dheni Kurnia kepada wartawwan.

Menurut Dheni Kurnia, UKW ini sangat penting diikuti wartawan terutama yang tergabung dalam PWI untuk meningkatkan profesionalitas di kalangan wartawan. "UKW yang dilakukan PWI bersama Dewan Pers bertujuan untuk peningkatan profesionalisme wartawan," kata Dheni.

Dia menjelaskan ada beberapa indikator yang harus dimiliki wartawan agar memenuhi syarat sebagai insan pers yang berkompeten dan profesional. Diantaranya adalah memahami dan menaati kode etik jurnalistik yang menjadi rambu dalam menjalankan tugas. Lalu, kemampuan menyajikan berita, menyunting berita, merancang rubrik, mengelola redaksi, menentukan kebijakan pemberitaan dan pemanfaatan peralatan teknologi.

"Yang jelas, seorang wartawan telah lulus uji kompetensi hal itu akan menghindari terjadinya penyalahgunaan profesi dan menegakkan kemerdekaan pers untuk kepentingan publik," tekannya.

Mengenai dewan penguji, Dheni menambahkan semuanya berasal dari PWI Pusat. "Karena pentingnya UKW ini, kita berharap pimpinan media massa bisa mengikutsertakan wartawanya yang anggota PWI untuk mengikuti UKW ini," sebut Dheni.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana UKW III PWI Riau, Asril Darma mengatakan, tema UKW Angkatan III ini yakni, Mewujudkan Wartawan Profesional dan Berkarakter Terpuji. Jumlah peserta UKW II akan dibatasi 42 orang untuk kategori. Yakni Kelas Wartawan Utama, Wartawan Madya dan Wartawan Muda.

Dikatakan Asril, panitia telah mengirimkan undangan menjadi peserta UKW ke sejumlah media massa. Syarat menjadi peserta di antaranya, anggota PWI, mengisi formulir dan melampirkan surat pernyataan wartawan dari media massa bersangkutan, pas foto 3x4 tujuh lembar dan biaya pendaftaran Rp500.000 per orang. "Biaya UKW seharusnya Rp750.000, namun Rp250 ribu disubsidi oleh PWI," katanya.

Dari 42 peserta itu, terangnya, nanti masing-masing 14 peserta wartawan utama, 14 wartawan madya dan 14 wartawan muda. Untuk wartawan utama kategori dari redaktur pelaksana hingga pemimpin redaksi. Wartawan madya kategorinya asisten redaktur, redaktur dan koordinator liputan, serta wartawan muda kategori reporter.

"Pendaftaran peserta mulai tanggal 17 sampai 22 Mei 2012 di Sekretariat PWI Cabang Riau Jalan Sumatera," jelas Asril. (rls)


 
 
  |

INFORMASI SKPD LAINNYA
 

   
   
   
   

     
Berita Populer
 
Kategori Berita
-Selasa, 01 Apr 2014
 Riau Ajukan Kuota 800 Orang Untuk CPNS
  
-Kamis, 10 Apr 2014
 Golkar Optimis Menang di Riau
  
-Rabu, 02 Apr 2014
 Pekan Pertama April Harga TBS Sawit Riau Turun
  
-Rabu, 16 Apr 2014
 Wagubri Lantik 89 Pejabat Eselon III dan IV
  
-Senin, 07 Apr 2014
 Wagubri Lantik Delapan Pejabat Eselon II
  
-Rabu, 16 Apr 2014
 Gubernur Riau Kembali Rotasi Pejabat
  
 
- Politik dan Pemerintahan
- Olahraga
- Lingkungan Hidup
- Iptek dan Teknologi
- Pendidikan
- Sosial Kemasyarakatan
     

-
-
-
-
-
Lebih Detail
 
 
-
-
-
-
-
Lebih Detail
 

Berita Lainnya
- Rabu, 16 Apr 2014
 Wagubri Lantik 89 Pejabat Eselon III dan IV
- Rabu, 16 Apr 2014
 Gubernur Riau Kembali Rotasi Pejabat
- Rabu, 16 Apr 2014
 Pemprov Riau Data Lahan Kosong Untuk Masyarakat
- Rabu, 16 Apr 2014
 Gubernur Riau Sambut Baik KemenPAN-RB Akomodir Putra Daerah
- Rabu, 16 Apr 2014
 Gubri Akan Hadiri Pelantikan Pengurus NPC Riau
- Rabu, 16 Apr 2014
 Gubri Sebut Perkebunan Dapat Tuntaskan Kemiskinan
- Rabu, 16 Apr 2014
 Belum Ditemukan Kecurangan pada UN SMA di Pekanbaru
- Rabu, 16 Apr 2014
 Pemprov Riau Ajukan Formasi CPNS 2014
Index Berita
Cari Informasi Seputar Riau
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
                       
   
WEBSITE PEMERINTAH PROVINSI RIAU @2014
Developed By Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Riau
website stat