close× Telp +62 761 45505
close×

Bupati Inhil Apresiasi Pengrajin Rokok Pucuk Nipah

Selasa, 21 Mei 2013 | 2254 kali dilihat

PEKANBARU: Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H Indra M Adnan punya perhatian khusus terhadap keberadaan rokok pucuk dari nauh nipah yang kian langka di Kabupaten Inhil. Rokok herbal yang bahan bakunya sangat mudah didapat itu dipercaya dapat melapangkan jalan penafasan.

Ketika melihat secara langsung rokok daun nipah saat pelaksanaan MTQ ke-43 Kabupaten Inhil di Kecamatan Mandau beberapa waktu lalu, Indra terlihat begitu menikmati rokok tersebut. Walau terasa lain, namun dia tampak terus menyulut pohon yang tumbuh di air itu.

"Coba dirasakan dahulu, nanti akan mengetahui keistimewaannya," ungkapnya kepada warga didekatnya. Dia pun memberikan apresiasi kepada pengrajin rokok pucuk daun nipah yang masih terus bertahan hingga sekarang.

Dia lalu minta warga untuk tidak melupakan tradisi masa lampau itu. Khusus kepada pengrajin, dia juga berharap tetap meneruskan apa yang sudah mereka lakukan.

Untuk diketahui, pucuk daun nipah yang ada di Kabupaten Inhil bukan hanya dijadikan rokok semata, namun telah diperdagangkan oleh warga Pesisir hingga ke negara tetangga.(***)