close× Telp +62 761 45505
close×

Meranti Akan Lakukan Ekspor Perdana Timah

Kamis, 30 Mei 2013 | 2034 kali dilihat

SELATPANJANG: Proses eksploitasi timah di Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti oleh PT Wahana Perkit Jaya (WPJ) terus dilakukan. Ditargetkan, pada akhir bulan Agustus ini, bisa dilakukan ekspor perdana hasil tambang ini.

"Pada eksploitasi hari pertama sejak diresmikan sekitar lebih kurang sebulan lalu mereka (PT WPJ) mampu menghasilkan 200 kilogram timah. Memang saat ini belum maksimal proses eksploitasi oleh mereka, karena masih dalam penyesuaian," ungkap Kepala Distamben Kepulauan Meranti, H Herman SE MT.

Menurutnya, ekspor perdana nantinya menjadi salah satu bukti keberhasilan dalam beroperasinya perusahaan tersebut mengelola potensi timah di Kepulauan Meranti. menyangkut kendala dalam proses eksploitasi yang dilakukan perusahaan tersebut, H Herman mengaku penyesuaian arus laut di sekitar wilayah operasi menjadi kendala yang terus dibenahi.

Lebih jauh diutarakan mantan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kepulauan Meranti itu, Distemben terus melakukan monitoring dan koordinasi dengan pihak perusahaan agar dalam proses eksploitasi berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Sehingga nantinya, dapat menjadi salah satu sumber pendapatan bagi daerah sendiri.

"Memang target hasil dari proses eksploitasi dari PT WPJ bisa mencapai 200 ton setiap bulannya. Memang belum bisa tercapai, namun upaya terus dilakukan. Sebab semakin  banyak hasilnya, semakin banyak pendapatan bagi daerah dan masyarakat sendiri melalui Pemerintah Kecamatan. Sesuai dengan kesepakatan bahwa setiap kilogramnya perusahaan wajib mengeluarkan Rp 1000,- untuk masyarakat yang disalurkan lewat Pemerintah Kecamatan," terangnya.(hr)