close× Telp +62 761 45505
close×

Wagubri Sesalkan Krisis Listrik Berkepanjangan di Riau

Jum'at, 30 Agu 2013 | 1816 kali dilihat

PEKANBARU: Wakil Gubernur Riau (Wagubri) HR Mambang Mit menyesalkan terjadinya krisis listrik yang berkepanjangan di Riau yang menyebabkan terjadinya pemadaman listrik bergiliran dalam beberapa bulan terakhir ini.

Dalam Rapat Koordinasi Penanganan Kabut Asap di Kantror Gubernur Riau, Jumat (30/8) yang dihadiri perwakilan PLN, Wagubri mengatakan PLN tidak pernah profesional dalam mengurus listrik di Indonesia, terutama di Riau.

"Hal ini dapat dilihat dari krisis listrik yang berkepanjangan tanpa ada solusi yang konkrit. Krisis listrik ini sudah membuat banyak masyarakat menderita akibat pemadaman bergiliran yang dilakukan PLN," jelasnya.

Selama ini yang selalu menjadi alasan krisis listrik itu adalah kondisi air waduk PLTA Koto Panjang yang tidak memadai untuk menggerakan seluruh turbin. "Seharusnya ini tidak terjadi jika PLN mau mencari solusi yang lain," ungkapnya.

Seperti yang disadari, Riau memiliki potensi sumber energi listrik yang banyak. Misalnya saja potensi batubara di Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu yang bisa digarap untuk membangkit energi listrik.

Sekarang potensi itu disia-siakan. Karena itu Wagubri meminta PLN untuk segera menuntaskan masalah listrik ini agar masyarakat Riau tidak terus menderita akibat pemadaman listrik berkepanjangan.(rgi/ad)