close× Telp +62 761 45505
close×

Wagubri Surati Dirut PLN Laporkan Situasi Listrik di Riau

Selasa, 03 Sep 2013 | 1680 kali dilihat

PEKANBARU: Terkait seringnya pemadaman listrik yang terjadi akhir-akhir ini di Riau, Wakil Gubernur Riau (Wagubri) HR Mambang Mit akan mengirim surat kepada Direktur Utama (Dirut) PLN Pusat di Jakarta. Surat itu berisi kondisi listrik di Riau sekarang.

Wagubri HR Mambang Mit kepada wartawan, Selasa (3/9) mengatakan kondisi listrik yang sering padam akhir-akhir ini telah sangat menganggu seluruh masyarakat di Riau. Karena itu pihaknya akan melapor ke Didur PLN.

Menurut Mambang, kondisi listrik saat ini merupakan yang terparah dari yang pernah terjadi selama ini. "Dulu memang pernah terjadi pemadaman listrik bergiliran, namun bisa cepat teratasi. Tapi sekarang sepertinya tidak ada solusinya," jelasnya.

Bahkan kata Mambang lagi pihak PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) hanya berharap hujan turun dari langit saja. Padahal yang diharapkan seluruh masyarakat Riau, pihak PLN mencari jalan keluar untuk mengatasi krisis listrikn ini.

Sementara itu, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Pekanbaru melakukan hearing terkait pemadaman listrik yang terjadi di Provinsi Riau khususnya Pekanbaru bersama dengan Manajer PLN Area Kota Pekanbaru di pusat kegiatan HMI Jl. Paus no.76A.

Dalam kesempatan tersebut, PLN melalui manajernya menyatakan bahwa penyebab terjadinya pemadaman listrik di Provinsi Riau Sekarang ini adalah akibat kurangnya pasokan daya dari pembangkit listrik yang ada.

Kurangnya kemampuan pembangkit disebabkan oleh adanya gangguan pada PLTU Ombilin, Pauh Limo dan Teluk Lembu serta PLTA Koto Panjang, Maninjau dan Singkarak yang disebabkan oleh debit air yang kritis. Tambahnya. Hal itu sesua dengan surat edaran PT. PLN Wilayah Riau Kepri Nomor: 564/050/WRKR/2013 tertanggal 2 Agustus 2013.(rgi/ad)