close× Telp +62 761 45505
close×

Atasi Krisis Listrik di Riau, Wagubri Akan Temui Dahlan Iskan dan Dirut PLN

Senin, 30 Sep 2013 | 1831 kali dilihat

PEKANBARU: Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit berencana akan mendatangi Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Dirut PLN guna membicarakan masalah kelistrikan di Riau yang selalu saja mengalami krisis. Direncanakan dalam pekan ini juga Wagubri akan mendatangi kedua pejabat tersebut.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (29/9) di Pekanbaru mengatakan pemadaman listrik bergiliran yang terjadi sejak beberapa bulan terakhir di Riau telah menyebabkan masyarakat susah dan kecewa terhadap PLN.

Sebab akibat pemadaman listrik itu banyak aktivitas masyarakat terganggu, bahkan tidak sedikit dari usaha warga yang tidak jalan. "Kita sudah berusaha melakukan koordinasi dengan pihak PLN, tapi masalahnya tidak pernah selesai," ungkapnya.

Pihak PLN sendiri, menurut Mambang tetap pada alasan klasiknya yakni debit dan elevasi air di waduk PLTA turun atau turbin yang rusak. Alasan ini sejak dulu dijadikan pihak PLN sejak dulu dan sampai sekarang tidak pernah ada solusinya.

Seandainya PLN punya program yang bagus dalam pengembangan listrik, tentunya masalah-masalah tersebut tidak lagi terjadi saat ini. Misalnya PLN punya cara tertentu dalam pemenuhaan listrik masyarakat jika terjadi penurunan elevasi air waduk PLTA atau turbin yang rusak.

Selama ini PLN hanya meminta kepada masyarakat untuk terus bersabar sampai air waduk kembali normal. Mereka sama sekali tidak memperhatikan bagaimana susahnya masyarakat saat listrik dipadamkan. Makanya tidak heran bila muncul cacian dan keluhan dari masyarakat.

Sehubungan hal itulah, Mambang Mit punya rencana untuk menemui Dahlan Iskan dan Dirut PLN di Jakarta guna membicarakan masalah tersebut. "Kita tahu waktu pak Dahlan Islam jadi Dirut PLN dulu listrik jarang padam. jadi kita minta bantuannya untuk mengatasi masalah ini," tambah Mambang Mit lagi.(rgi/ar)