close× Telp +62 761 45505
close×

2.000 Rumah di Riau Akan Mendapat Fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Matahari

Senin, 23 Des 2013 | 3533 kali dilihat

PEKANBARU: Tahun 2014 mendatang sebanyak 2.000 unit rumah yang berada di daerah-daerah yang belum terjangkau jaringan listrik di Riau akan mendapat Solar Home System (SHS) yakni semacam perangkat pembangkit listrik bertenaga baterai yang listriknya dari sinar matahari.

Ketua Komisi C DPRDB Riau, Azis Zainal kepada wartawan Senin (23/12) di Pekanbaru mengatakan Solar Home System ini adalah alat yang paling tepat untuk membantu rumah-rumah yang belum dialiri listrik, karena alatnya sebentuk baterai yang daya listriknya berasal dari sinar matahari yang dapat menghasilkan listrik antara 100 sampai 200 Watt.

Menurut Azis, tahun 2014 mendatang Pemprov Riau melalui Dinas Pertambangan dan Energi Riau akan membagikan alat ini untuk sebanyak 2.000 unit rumah yang berada di daerah-daerah yang belum ada jaringan listrik, misalnya di pulau-pulau.

"Kita sudah menganggarkan pengadaan alat ini di APBD Riau tahun 2014 dengan anggaran Rp9 juta untuk masing-masing alat," ungkapnya. Dengan dibagikannya alat ini diharapkan rumah-rumah warga yang belum ada jaringan listriknya bisa mendapatkan penerangan dari listrik.

Azis mengatakan sampai saat ini masih banyak kawasan di Riau yang belum mendapatkan aliran listrik, terutama di daerah pulau-pulau. Makanya dengan adanya alat ini, tentunya akan sangat membantu masyarakat di sana dalam mendapatkan penerangan dari listrik.

Dalam kesempatan ini Komisi C DPRD Riau juga minta kepada Distamben untuk membangun pembangkit listrik tenaga hydro atau air guna menanggulangi kekurangan listrik di Riau. Dia berharap kekurangan listrik di Riau bisa teratasi secepatnya.(rgi/ad)