close× Telp +62 761 45505
close×

Ciptakan Sejarah, Riau Juara Porwil IX Sumatera

Minggu, 22 Nov 2015 | 3219 kali dilihat


PANGKAL PINANG - Kontingen Riau akhirnya memastikan diri keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) IX Sumatera di Bangka Belitung.Gelar juara umum dipastikan setelah para Pecatur Riau berhasil merebut 3 emas dan 1 perak dari 6 medai emas yang diperebutkan olahraga asah otak ini.

Empat medali ini dipersembahkan Ardiansyah, Jon Roy dan Bahtiar medali emas dan medali perak disabet nomor beregu.Dengan tambahan 4 medali ini, Riau dipastikan menjadi juara di event 4 tahunan ini dengan perolehan medali 41 emas, 33 perak dan 21 medali perunggu.

Perolehan medali Riau ini sudah jauh mengungguli kandidat lainnya ditabulasi perolehan medali Porwil. Pasalnya, Sumsel yang kini menempati peringkat kedua hanya mendapat tambahan tiga medali emas.

Sampai saat ini, Sumsel sudah mengumpulkan 35 emas,26 perak dan 27 perunggu. Sementara diperingkat ketiga masih ditempati Sumut dengan 22 emas, 19 perak dan 34 perunggu.Diposisi keempat masih diisi kontingen Sumbar dengan 20 emas, 20 perak dan 26 perunggu. Tuan rumah Babel harus puas diurutan kelima Porwil dengan koleksi 18 emas, 18 perak dan 20 perunggu.

Ketua KONI Riau, Emrizal Pakis saat dikonfirmasi mengatakan gelar juara Porwil ini merupakan sebuah kejutan sekaligus sejarah bagi Riau selama mengikuti event 4 tahunan tersebut.

"Alhamdulillah Riau Porwil IX di Babel. Tiga medali emas dan satu perak dari catur memastikan kita juara sekaligus sejarah. Karena ini untuk pertama kali Riau juara di Porwil," ujarnya, minggu (21/11/2015).

Namun disisi lain, kepuasan Emrizal dan jajaran KONI Riau di Porwil ini lebih disebabkan oleh perkembangan signifikan para atlet Riau yang memang disiapkan bertarung dilevel nasional.

"Banyak kejutan-kejutan yang terjadi di Porwil. Beberapa cabor kita berhasil menjadi juara umum. Seperti Catur berhasil meraih 10 medali emas, renang 14 medali emas dan atletik 8 emas. Ini sebuah hasil yang sangat luar biasa," tukasnya.(rgi/yan)