close× Telp +62 761 45505
close×

Ribuan Rumah Di Kuansing Terendam Banjir

Selasa, 09 Feb 2016 | 1471 kali dilihat

TELUK KUANTAN-  Tingginya curah hujan di hampir seluruh wilayah Kabupaten Kuantan Singingi sejak sepekan terakhir ini membuat air sungai batang Kuantan meluap. Hal ini mengakibatkan ribuan rumah di hampir seluruh desa yang berada di sepanjang pinggiran sungai Kuantan terendam banjir sejak Senin (8/2/2016) hingga Selasa (9/2/2016) siang ini.

"Untuk data sementara di posko banjir berdasarkan laporan yang diterima hingga siang ini ada seribuan lebih rumah yang terendam banjir. Namun data ini dipastikan masih bertambah karena belum seluruh kecamatan yang melaporkan. Padahal prediksi kita, seluruh Kecamatan yang berada di wilayah bantaran sungai Kuantan dipastikan terkena imbas banjir kali ini,"ujar salah seorang petugas dari dinas sosial dan tenaga kerja Kabupaten Kuansing saat ditemui di posko banjir di Taman Jalur Teluk Kuantan, Selasa (9/2/2016) siang.

Berdasarkan pantauan pada Selasa siang ini debit air terlihat sudah mulai surut. Namun kemungkinan akan kembali naik karena cuaca masih mendung dan diperkirakan akan turun hujan.

Sementara itu, Kepala dinsosnaker Kuansing, Muharlius saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya telah menetapkan status siaga banjir dan telah mendirikan posko banjir yang dipusatkan di sekitaran taman jalur Teluk Kuantan.

"Kita sudah dirikan posko dan terus memantau kondisi di lapangan. Selain itu kita juga stand by kan beberapa buah speed boat,"ujar Muharlius.

Terkait bantuan kata MUharlius, siang ini rencananya akan segera disalurkan."Bantuan memang sedang kita upayakan, dan secepatnya siang ini akan kita salurkan langsung ke desa-desa yang terkena banjir," pungkasnya. (MC Riau/us)