close× Telp +62 761 45505
close×

Hotspot Di Sumatera Meningkat Lagi Jadi 47 Titik

Jum'at, 26 Feb 2016 | 1838 kali dilihat

PEKANBARU - Jumlah titik panas atau hotspot di Sumatera, Jumat (26/2/2016) pagi kembali meningkat. Jika sehari sebelumnya hanya terpantau 43 titik, hari ini jumlah hotspot bertambah jadi 47 titik.

Kepala Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Sugarin mengatakan peningkatan titik panas ini terjadi di Provinsi Aceh dan Riau. "Dari pencitraan satelit terra dan aqua pagi ini terdapat 47 hotspot tersebar di Pulau Sumatera. Riau 15 titik, Aceh 16 titik, Sumut 12 titik, Bengkulu 2 titik dan lampung 2 titik," tuturnya.

Untuk Riau sendiri sambungnya, titik panas tersebar di 4 kabupaten, seperti Bengkalis 11 titik, Siak 2 titik, Pelalawan 1 titik dan Kepulauan Meranti 1 titik.

Menurutnya, pada hari ini Riau masih berpeluang diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai petir, khususnya diwilayah Riau bagian barat dan tengah.Lebih jauh dikatakan Sugarin, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait terkait meningkatnya titik panas di Riau ini.

"Kita terus berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, agar dilakukan pencegahan kebakaran lahan ini," pungkasnya.(MC Riau/yan)