close× Telp +62 761 45505
close×

Kamsol: Banyak Membaca Kita Akan Kuasai Dunia

Selasa, 22 Mar 2016 | 1758 kali dilihat

PEKANBARU - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau Dr H Kamsol mengatakan, dengan banyak membaca maka seseorang akan mampu mengusai dunia.Hal itu disampaikan Kamsol dalam acara pencanangan Riau sebagai Literasi atau gerakan gemar membaca, Jumat (18/3), di Gedung Perpustakaan Seoman HS Pekanbaru.

Pencanangan tersebut diawali langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan.Kamsol mengatakan, pencanangan gerakan Literasi Provinsi Riau ini merupakan bagian dari hal yang sama telah dilakukan dibeberapa sekolah di Provinsi Riau.

"Program literasi atau sekolah gemar membaca ini telah diterapkan di seluruh diberbagai tingkatan di Provinsi Riau, disamping program mengaji. Tujuannya mendorong peserta didik untuk senang membaca," kata Kamsol.

Kamsol mengatakan, dengan semakin banyak membaca, maka seseorang akan bisa mengusai berbagai hal didunia ini, karena buku merupakan sumber informasi dari berbagai bidang yang akan mampu membuat seseorang menjadi pintar dan cerdas.

"Semakin rajin membaca, maka semakin banyak pula yang akan kita ketahui, dengan demikian kita akan mampu mengusai berbagai hal di dunia ini," ujar Kamsol.

Kamsol menambahkan, dalam mendukung gerakan Literasi di Provinsi Riau ini Disdikbud Riau juga telah melaksanakan program program Gerakan menyumbang buku (Gerbangku). 

Program ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI. No. 21 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti dan menindak lanjuti surat edaran Gubernur Riau Nomor : 61/SE/2015 tentang optimalisasi penumbuhan budi pekerti dengan serangkaian kegiatan non kurikuler melalui kegiatan harian dan periodik wajib maupun pilihan pada lingkungan sekolah di wilayah Provinsi Riau.

"Dari program Gerbangku ini dapat membantu tersedianya buku-buku bacaan yang bermanfaat bagi para pelajar disekolah sekolah di wilayah Provinsi Riau," jelasnya. (MC Riau/mad)