close× Telp +62 761 45505
close×

Bupati Buka Musrenbang Tingkat Kabupaten Pelalawan Tahun 2016

Kamis, 24 Mar 2016 | 2201 kali dilihat

PELALAWAN - Guna menyusun kegiatan tahun 2017 dan untuk membahas terkait pemantapan perekonomian menuju kemandirian masyarakat dan Pemerintah Pelalawan, Bupati Pelalawan HM Harris secara resmi buka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rapat Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2016, Rabu (23/3).

Kegiatan Musrenbang berlangsung di gedung daerah Laksamana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci.

Dalam sambutannya, Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan, bahwa pembangunan nasional dan daerah menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Sedangkan pembangunan dilakukan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan peningkatan kondisi sosial, ekonomi, budaya serta perbaikan kehidupan berbangsa dan negara.

Namun demikian, karena pembangunan menjadi tanggung jawab bersama, maka upaya pembangunan harus dirancang secara bersama yang dilaksanakan dengan professional dan transfaran serta diawasi dengan penuh tanggung jawab.        

" Jadi, perencanaan pembangunan harus dilakukan dengan membuka ruang seluas-luasnya untuk partisipasi yang berkualitas dari seluruh komponen masyarakat. Dan hal ini sesuai Undang-undang Nomor 25 tahun 2004, Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 tahun 2010 tentang Musrenbang. Untuk itu, maka Pemkab pelalawan harus dapat memastikan seluruh agenda pembangunan yang ada di Kabupaten Pelalawan dibahas didalam Musrenbang pada berbagai tingkatan mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, propinsi sampai tingkat nasional," ujarnya.          

Katanya lagi, Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Pelalawan tahun 2017 sebagai hasil dari musrenbang RKPD tahun ini akan menjadi rancangan tahun pertama RPJMD Kabupaten tahun 2016-2021 yang saat ini baru dalam tahap awal penyusunan.

Kebijakan pembangunan pada tahun 2017 ini sampai dengan 2021 nanti adalah meningkatkan, memperluaskan dan menyempurnakan visi dan misi pembangunan periode sebelumnya. Dimana visi tersebut, " Inovasi Menuju Pelalawan EMAS (Ekonomi Mandiri, Aman dan Sejahtera)".       

Pelalawan EMAS itu akan terwujud dengan penyempurnaan, perluasan serta peningkatan 7 program strategis yang selama ini dilaksanakan yakni Pelalawan cerdas, Pelalawan sehat, Pelalawan terang, Pelalawan lancar, Pelalawan Makmur, Pelalawan Eksotis dan Pelalawan Inovatif.

"Pada intinya, kita akan tetap melanjutkan pembangunan yang saat ini lagi berjalan dan menciptakan upaya-upaya kesehatan masyarakat dan lingkungan secara lebih luas dan menyeluruh. Dan kita tetap akan memprioritaskan upaya peningkatan mutu pelayanan pendidikan bagi melalui program pendidikan gratis maupun program terobosan lainnya. Sedangkan program yang lainnya tetap kita lanjutkan juga," sebutnya.(MC Riau/Iin)