close× Telp +62 761 45505
close×

21 Hotspot Terdeteksi Di Riau

Kamis, 31 Mar 2016 | 1914 kali dilihat

PEKANBARU - Aktifitas kebakaran lahan dan hutan di Riau kembali mengalami peningkatan. Hal ini ditandai dengan bertambahnya hotspot (titik panas) sore ini.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Sugarin mengatakan, dari pencitraan satelit terra dan aqua, secara umum terdeteksi 57 hotspot di Sumatera, dimana 21 diantaranya berada di Riau.

"Untuk sumatera itu terdeteksi 57 hotspot yang tersebar di Lima provinsi. Untuk Riau terdeteksi 21 titik, Kepri 16 titik, Aceh 9 titik, Sumut 9 titik, Sumbar 2 titik," jelas Sugarin, Rabu (30/3/2016).

Untuk Riau sendiri lanjut Sugarin, sebaran hotapot terdapat di Tujuh Kabupaten dan Kota. Seperti Bengkalis Lima titik, Dumai Enam titik, Rohil Lima titik, Meranti Satu titik, Inhu dan Inhil masing-masing satu titik.

"Dari jumlah itu terdapat 8 titik dengan confidance atau tingkat kepercayaan titik api. Tiga di Bengkalis, Dumai dua titik, Rohil dua titik dan Inhu satu titik," tandasnya.

Secara umum cuaca wilayah Provinsi Riau cerah hingga berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang dapat disertai dengan petir dan angin kencang berpeluang terjadi di wilayah Riau bagian tengah, barat, dan selatan pada siang,sore atau malam hari.(MC Riau/yan)