close× Telp +62 761 45505
close×

ASN Pemprov Riau Diminta Tingkatkan Kompetensi

Jum'at, 01 Apr 2016 | 2547 kali dilihat

PEKANBARU - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau ingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemprov Riau untuk terus meningkatkan kompetensi, ini sejalan dengan diberlakukannya pembolehan non pegawai melalui jalur Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (P3K) mengikuti seleksi untuk menduduki berbagai jabatan struktural.

Hal itu ditegaskan Plt Gubernur  Penyerahan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat PNS dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau, Jumat (1/4), di balai Pauh Janggi Gedung Daerah Riau.

"Bapak/Ibuk harus memperbaiki diri, terus tingkatkan kualitas, karena  masalah SDM ini sangat penting, jika tidak mau belajar atau memperbaiki diri, maka bapak/ibuk bisa saja digeser tenaga honorer," tegas Plt Gubernur.

Lebih lanjut Andi Rachman mengatakan, perlunya para ASN untuk terus meningkatkan kompetensi atau kemampuan diri, juga didasari oleh hasil pertemuan yang dilakukan pihaknya dengan berbagai pihak dari Kementerian, yang sejak Senin hingga Jumat pagi berada di Provinsi Riau.

"Saat petemuan, pihak kementerian juga mempertanyakan soal SDM ASN dilingkungan Pemprov Riau ini, karena itulah, sekali lagi kita minta agar terus meningkatkan kemampuan diri," ujarnya.

Plt Gubernur juga menyebut kalau jika selama ini ASN lebih banyak mengandalkan tenaga honorer dalam menyelesaikan pekerjaan, maka kedepan hal itu hendaknya dapat dirubah, karena jika itu terus berlanjut, maka yang rugi itu adalah ASN itu sendiri.

"Ini sudah diberlakukan di tingkat pusat, jadi mereka yang memiliki kemampuan tapi tidak PNS, bisa mengikuti asesmet untuk mengisi berbagai jabatan, dan itu tidak tertutup juga akan segera diberlakukan di Provinsi Riau," tegasnya.

Sementara Kepala BKP2D Riau Asrizal menjelaskan untuk pemberlakukan penerimaan pejabat non karir melalui jalur P3K ini sejauh ini belum ada Peraturan Pemerintah terkait petunjuk teknis pelaksanaannya.

"Sejauh ini juknisnya melalui PP, itu belum ada. Meski demikian, bukan berarti ASN di Provinsi Riau ini tetap dengan kondisi sekarang ini, harus mau terus memperbaiki diri, karena bagaimanapun, sebagai seorang ASN harus mengusai bidang pekerjaan yang ditugaskan kepadanya," tegas Asrizal.

Adapun jumlah ASN yang mendapat kenaikan pangkat per 1 April 2016 adalah sebanyak 303 orang dari 707 yang diusulkan. Dalam acara tersebut SK diberikan secara simbolis kepada 40 ASN. (MC Riau/mad)