close× Telp +62 761 45505
close×

SKPD Diharapkan Lakukan Percepatan Kegiatan 2016

Senin, 04 Apr 2016 | 1960 kali dilihat

PEKANBARU – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Masperi menyampaikan agar setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dapat melakukan percepatan kegiatan 2016 guna meningkatkan capaian realisasi anggaran di triwulan kedua, Senin (4/4).

Ditemui mediacenter usai memimpin apel pagi di Halaman Kantor Gubernur Riau, Masperi mengatakan bahwa pertumbuhan realisasi anggaran APBD Provinsi Riau per 31 Maret 2016 ini untuk keuangan baru mencapai 4,48% dan fisik 5,87%. Meski belum mencapai target yang diharapkan, namun capaian ini masih dianggap stabil dan diharapkan dapat dikejar di triwulan berikutnya.

“untuk triwulan ini kita menargetkan realisasi sebesar 15 persen, namun capaian hari ini baru 5,87 yang berarti ada deviasi sekitar 9 persen lebih. Namun langkah kita untuk mengatasinya yakni dengan melakukan percepatan di triwulan berikutnya”, ungkap Masperi.
Lebih lanjut, Masperi mengungkapkan kalau capaian realisasi masih terkendala karena belum seluruh SKPD menyampaikan Rencana Umum Pengadaan (RUP) nya kepada LPSE. Dalam artian, ada nilai kontrak yang harusnya diumumkan namun belum diumumkan. Nominalnya sendiri masih ada sekitar 2 triliun lagi.

Sedangkan untuk progres fisik, sejauh ini masih belum signifikan berjalan dikarenakan harus melalui proses pelelangan terlebih dahulu. Tahapan lelang yang masih berjalan inilah yang membuat realisasi anggaran terasa belum menyentuh sektor ekonomi masyarakat juga mengakibatkan serapan anggaran masih rendah.

Masperi juga menambahkan bahwa saat ini, Pemprov Riau terus dipantau oleh Pemerintah Pusat, karenanya diharapkan seluruh SKPD dapat melaksanakan kegiatan dengan sebaik-baiknya. (MC Riau/AS)