close× Telp +62 761 45505
close×

Pemprov Dukung Penerapan BBM Satu Harga

Rabu, 26 Okt 2016 | 1146 kali dilihat

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau mendukung wacana Pemerintah Pusat menerapkan BBM satu harga, hanya saja untuk teknis pelaksanaannya masih menunggu regulasi dna juknik dari Pemerintah Pusat.

Dalam implementasinya Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau menegaskan kesiapannya. Ia meyakini langkah tersebut tentunya sudah dengan pertimbangan yang matang.

Kepala Dinas ESDM Riau Syahrial Abdi menegaskan, hal tersebut tentunya didukung di tingkat provinsi. "Kami siap menjalankan BBM satu harga. Tetapi masih menunggu aturan teknisnya dari pemerintah atau Kemen ESDM," tuturnya.

Mantan Kepala Biro Ekonomi Setdaprov Riau itu menilai, sistem yang diperkirakan berjalan pada program itu adalah subsidi. Bisa juga dalam bentuk insentif biaya distribusi bahan bakar ke daerah pelosok atau kepulauan, yang harga BBM belum sama dengan harga nasional.

Kendai demikian, dalam implementasinya, aturantersebut memerlukan rincian teknis. Ini dinilai penting mengingat harga BBM telah dilepas ke pasar dan ada fluktuasi harga yang perlu diperhatikan saat penyusunan regulasi terkait.

Untuk di Riau, Dinas ESDM mencatat ada daerah pesisir, pelosok, dan kepulauan yang harga BBM nya bisa naik cukup tinggi. Mencapai 100 persen bahkan 150 persen dibandingkan harga normal atau harga yang berlaku nasional.(MC Riau/mz)

Sumber: http://mediacenter.riau.go.id/read/25518/pemprov-dukung-penerapan-bbm-satu-harga.html