close× Telp +62 761 45505
close×

Gubernur Riau Dan Bupati Pasaman Hadiri Peresmian Jembatan Sumpur

Kamis, 19 Jan 2017 | 2135 kali dilihat

ROKAN HULU - Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rahman MBA, Kamis (18/1) meresmikan Jembatan Sumpur Desa Tibawan Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Jembatan yang dibangun melalui APBD murni Provinsi Riau tersebut merupakan akses penghubung perbatasan Rohul dan Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat.

Selain Jembatan Sumpur, Gubri Andi Rahman juga meresmikan Jembatan Gantung Sei Rokan di Desa Koto Ruang Kecamatan Rokan IV Koto. Kesempatan itu, tampak hadir juga Bupati Pasaman H Yusuf Lubis SH MH, Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama, Plt Bupati Rohul H Sukiman, Asisten I Sekdaprov Riau Masperi, Forkopimda Rohul, Forkopimda Pasaman serta segenap kepala dinas/badan, camat dan kepala desa Rohul serta Tokoh masyarakat Kecamatan Rokan IV Koto H Ramlan Zas SH MH dan drh Chaidir MM.

Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rahman dalam arahannya menyampaikan, Guberbur Riau Arsyadjulian Rahman dalam arahannya mengharapkan, terlaksananya pembangunan Jembatan Sumpur itu dapat menopang perekonomian masyarakat, khususnya empat desa yang ada di perbatasan tersebut (Desa Cipang Kiri Hilir, Cipang Kiri Hulu, Tibawan dan Cipang Kanan, red).

"Saya minta kepada Plt Bupati Rohul camat dan kepala desa untuk mengawasi jembatan dan jalan yang telah dibangun. Karena akses jalan ini baru dapat dilalui kenderaan bertonase kecil. Hal ini tidak berlangsung lama, karena kedepan kami akan anggarkan dana untuk pelebaran dan perawata jalan sebesar Rp120 milyar," kata Andi Rahman.

Gubri Andi Rahman menjanjikan akan  menggandeng pihak perbankan untuk membantu menyokong pendanaan di empat desa tersebut. "Saya berharap, kedepan tidak ada lagi desa yang terisolir. Kemudian, pembangunan desa yang berada di perbatasan harus terlaksana," terangnya.

Dalam pada itu, diutarakannya untuk tahun 2017 ini, di Desa Cipang Kiri Hilir, Cipang Kiri Hulu dan Tibawan tersebut juga akan dibangun jaringan listrik. Sementara untuk Desa Cipang Kanan jaringan listrik akan dikoneksikan ke Provinsi Sumbar. 

"Kita bisa manfaatkan jaringan listrik dari Tenayan. Kemudian untuk Desa Cipang Kanan akan dikoneksikan ke Sumbat," jelasnya.

Kedepan, jelas Andi Rahman ia akan memanggil pihak telkom untuk pembangunan tower telkomunikasi di empat desa tersebut. Selanjutnya, untuk tahun 2018, di empat desa itu juga akan dibangun sarana pendidikan berupa gedung SMA.

Kesempatan yang sama, tokoh masyarakat Desa Tibawan Emrizal menerangkan, dulunya desa itu sering disebut desa yang teriosolir. Namun saat ini dengan pembangunan jalan dan jembatan di sana, Desa Tibawan sudah sejajar dengan desa-desa lain di Kabupaten Rohul.

Emrizal berharap, jalan di desanya dan tiga desa lainnya bisa diaspal. Kemudian pembangunan sarana pendidikan di empat desa, Cipang Kiri Hilir Cipang Kiri Hulu, Cipang Kanan dan Tibawan.

"Kami juga sangat membutuhkan listrik, selama ini kami menggunakan listrik dari PLTD. Dan kami berharap pemerintah bisa membantu pembuatan sanitasi air bersih, agar warga kami tidak lagi mengkonsumsi air sungai. Terakhir, Paralayang di Desa Cipang Kiri Hulu perlu diperhatikan karena sangat berpotensi meningkatkan PAD," pintanya.(MC Riau/j)