close× Telp +62 761 45505
close×

Peternak Di Riau Dianjurkan Rutin Vaksinasi

Senin, 23 Jan 2017 | 1377 kali dilihat

PEKANBARU - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau, Askardiya Patrianov menganjurkan peternak sapi agar rutin memberikan vaksinasi kepada hewan ternaknya. Ini diharapkan dapat mencegah penyebaran virus Jembrana atau parasit darah yang menjangkiti sapi jenis Bali.

Sementara itu, Kabupaten Siak merupakan salah satu daerah yang tercatat banyak melaporkan kasus sapi mati medadak akibat Jembrana di wilayahnya. Yang mana, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak mencatat, lebih dari 200 ekor sapi warga mati mendadak hingga pertengahan Januari 2017 ini.

"Vaksinasi harus rutin dan disiplin dilakukan. Virus ini tidak menulari manusia, tetapi bisa menyebabkan sapi mati mendadak," kata Patrianov  di Pekanbaru, Minggu (22/1/2017).

Ia pun menduga, penyebaran virus tersebut dibawa oleh sapi-sapi yang berasal dari luar Riau. Untuk itu, ia berkoordinasi dengan dinas terkait di seluruh kabupaten/kota untuk disiplin melakukan vaksin dan melakukan pemeriksaan sapi-sapi yang didatangkan ke Riau.

Selain itu, pihaknya ikut mengimbau masyarakat agar tidak asal-asalan ketika membeli sapi. Terutama ketika ada penjual sapi yang menjual ternaknya dengan harga murah.

"Dinas terkait kami minta untuk turun ke lapangan dan memberikan sosialisasi. Ini perlu diimbangi juga oleh masyarakat dengan cara tidak tergoda membeli sapi yang dijual harga murah karena takutnya sudah terserang virus jembrana," imbaunya.(MC Riau/rat)