PEKANBARU - Dalam rangka mendukung Perencanaan Pembangunan yang baik dan terintegrasi di Sektor Kelautan dan perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Gelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pembangunan Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Tahun 2017, di Hotel Grand Jatra Pekanbaru, Senin (13/2).

Gubernur Riau yang diwakili Plt Kepala Dinas kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Nafilson mengatakan bahwa, Provinsi Riau memiliki potensi yang sangat besar di bidang kelautan dan perikanan, karena memiliki laut dan perairan yang sangat luas.

"Anugerah inilah yang harus dimanfaatkan dan ditingkatkan dengan baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau Khususnya,"Ungkap Nafilson.

Lebih lanjut Plt Kepala Dinas kelautan dan Perikanan Provinsi Riau ini menjelaskan bahwa, momen ini harus digunakan dengan baik, untuk mensinergikan program-program dan prioritas kegiatan pembangunan kelautan dan perikanan, agar terciptanya percepatan pembangunan kelautan dan perikanan secara bertahap dan dapat segera diwujudkan.

"Apabila perencanaan disusun dengan baik dan benar, maka InsyaAllah sekitar 70% akan berhasil, begitu pula sebaliknya. Karena, keberhasilan pembangunan kelautan dan perikanan ini diawali dengan proses perencanan yang baik,"Tambahnya.

Dalam sambutan tertulisnya, Gubernur Riau berharap dengan Rakornis ini mampu mengahsilkan program yang berkualitas, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membangkitkan dunia usaha untuk terus melakukan ekspansi di bidang kelautan dan perikanan serta memperkuat hubungan kemitraan dengan dunia usaha lolal maupun nasional.

"Mari kita mantapkan rencana pembangunan kelautan dan perikanan di Provinsi Riau ini,sesuai tema Rakornis kali ini yaitu, mewujudkan Pembangunan Kelautan dan perikanan Sebagai Sektor Unggulan di Provinsi Riau." Harap Gubernur Riau.

Sementara itu, Maruli Siregar Selaku Ketua pelaksana mengatakan bahwa, tujuan Rakornis ini adalah Mensinergikan misi kebijakan dan strategi pembangunan Provinsi Riau dalam bentuk program-program dan kegiatan yang mendukung pembangunan kelautan dan perikanan 2018, menyatukan persepsi dalam penyusunan perencanaan dahun 2018 antara dinas kelautan dan perikanan Kabupaten/kota untuk diusulkan ke dalam RAPBD Provinsi Riau dan RAPBN, serta Menyatukan pengertian dan gerak langkah aparatur kelautan dan perikanan dalam mensukseskan pelaksanaan program/kegiatan di kabupaten/kota.

Maruli Siregar juga menambahkan bahwa Pelaksanaan Rakornis ini dimulai dari tanggal 12 Februari hingga 14 Februari di Hotel Jatra Pekanbaru. dengan peserta berjumlah 65 orang dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten/Kota masing masing dua orang, Pol Air KabupatenKota Daerah Pesisir sebanyak 7 orang dan pejabat Administrator (Esselon III) dan Pengawas (Esselon IV) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Sekertaris Jendral Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Komisi B DPRD Provinsi Riau, Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan UR, Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, serta Kepala dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten/Kota se Provinsi Riau.(MC Riau/Msa)