PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau tetap melakukan efisiensi anggaran. Ini dilakukan untuk memaksimalkan kegiatan yang prioritas sesuai dengan porsinya dengan tetap mengacu pada aturan dan ketentuan yang berlaku.

Ini juga dilakukan menjelang Musrenbang 2017 bulan depan. Untuk itu Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman meminta supaya organisasi perangkat daerah (OPD) yang membahas tetap melakukan efisiensi anggaran.

Beberapa pertimbangan menjadi alasan untuk tetap melakukan efisiensi. Misalnya beberapa momen sudah menanti tahun 2018, seperti persiapan Pilgubri.

"Anggaran yang menjadi beban kami diperkirakan Rp1 triliun. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah efisiensi,'' imbuhnya.

Pertimbangan lain adalah terkait total anggaran pembayaran utang Pemprov Riau dan persiapan Pilkada Gubernur. Selain itu soal pengembangan dan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan, bidang pendidikan dan kesehatan yang tetap menjadi agenda penting dalam pagu anggaran Pemprov dalam rangka pembangunan.

Tidak hanya itu, angka ?pendapatan 2018 diperkirakan masih rendah. Hal ini dikarenakan kondisi ekonomi atas harga minyak juga belum stabil.(MC Riau/mz)