close× Telp +62 761 45505
close×

Menpan-RB Ingatkan Serapan Anggaran Bukan Tolak Ukur Keberhasilan

Selasa, 21 Mar 2017 | 904 kali dilihat

PEKANBARU - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara - Birokrasi Reformasi (Menpan-RB) Asman Abnur ingatkan realisasi anggaran atau yang biasa juga disebut dengan serapan anggaran bukanlah tolak ukur suatu keberhasilan.

Hal inilah yang sering salah dipahami oleh pemangku kebijakan, karena pedoman keberhasilan disuatu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sering menilai semakin tinggi realisasinya maka berhasilah kinerja.

"Saya ingatkan menyusun anggaran jangan asal. Kemudian juga serapan bukanlah tolak ukur. Ini penting, karena selama ini sering disalah pahami, kalau tinggi realisasinya maka berhasilnya kinerjanya. Ini salah," kata Menpan-RB Asman Abnur, saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Riau 2018, di Hotel Arya Duta, Selasa (21/3/17).

Menurut Menpan-RB, program tepat sasaran merupakan indikator utama. Karena itu agar sasaran bisa tercapai, maka perencanaan yang baik adalah kuncinya. "Perencanaan adalah faktor kunci.

Makanya dalam Musrenbang ini semua pihak diundang untuk mengontrol," ungkap Menpan-RB.

Karena itu, Menpan-RB meminta lalui mekanisme Musrenbang dengan baik. Musrenbang yang dilakukan berkesinambungan yang sudah dimulai dari bawah harus diperhatikan, tidak hanya asal laksanakan lalu diabaikan.

Selain itu, Menpan-RB juga mengingatkan seluruh ASN harus kreatif dan inovatif. Kemudian jangan lagi datang ke kantor takut karena absen. Tapi takutlah datang terlambat karena kerjaan menumpuk. Hal ini menurut Menpan-RB karena sampai saat ini stigma ASN yang pemalas, lambat bekerja serta suka menunda-nunda apa itu pekerjaan, layanan masih melekat.

"Keluhan ASN masih lambat, suka menunda-nuda pekerjaan. Saya ingatkan ASN jangan kalah dengan swasta. Mudah-mudahan Riau jadi motornya.(MC Riau/mtr)