close× Telp +62 761 45505
close×

Gubri; IT Faktor Utama Sukseskan Visi Riau 2020

Jum'at, 21 Apr 2017 | 832 kali dilihat

Pekanbaru - Informasi dan Teknologi (IT) sangat penting dalam mendukung Visi Riau 2020,"Ungkap Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat Forum Group Discussion (FGD) di Balai Pauh Janggi Gedung Daerah Pekanbaru, Riau, Kamis (20/4).

Forum Group Discussion yang mengangkat tema "Akankah Riau Go IT Sampai di Kawasan Pedesaan." Forum ini digelar dalam rangka HUT Perum LKBN Antara yang ke-80 tahun.

Gubernur Riau mengharapkan ke depan Provinsi Riau bisa menyumbang pertumbuhan ekonomi nasional dari berbagai sektor seperti pariwisata, kesehatan dan pendidikan yang sangat memerlukan peran IT dalam pengembangannya.

"Pemprov Riau sudah memulai Riau Go IT dengan E-Government yang terintegrasi ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau dan dengan IT juga berperan membangun komunikasi dengan masyarakat dan sesama OPD,"Tambahnya.

Adapun pegiat IT yang juga menjadi moderator pada acara FGD, Hisam Setiawan, mengatakan Provinsi Riau sebenarnya sudah memulai inisiatif gerakan dan gagasan mandiri dalam pemanfaatan TIK di desa, sebagai upaya memperbaiki tata kelola pemerintah desa. Diantaranya dengan gagasan penyediaan Internet Desa, Gerakan Belajar Bersama Tata Kelola Media Desa.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau Yogi Getri mengatakan tahun ini berbenah dulu infrastruktur dilingkungan pemerintahan nantinya jika telah bagus maka akan dilanjutkan ke desa-desa."Pemerintah Provinsi melalui Diskominfotik akan melakukan pembenahan terlebih dahulu di dalam lingkup OPD, barulah nantinya IT ini akan kita jalankan menuju desa desa yang ada di Riau,"Ungkap Yogi Getri.

Pembicara kunci dari Dirjen Aplikasi Informatika (Aptika) Kemenkominfo Samuel Abrijani Pangerapan serta Direktur Komersil dan Pengembangan Bisnis Antara, Hempi Nartomo Prajudi.

Panelis pada kegiatan itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Riau, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Provinsi Riau dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Riau dipandu Hisam Setiawan anggota Komisi Penyiaran Informasi Daerah Provinsi Riau.

Acara ini dihadiri Bupati/Walikota se-Riau Ketua DPRD Kabupaten/Kota , Kepala Diskominfo kabupaten kota, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten/kota, rektor perguruan tinggi, perusahaan swasta, praktisi dan penggiat IT, perwakilan desa serta media massa.(Mc Riau/Msa)