close× Telp +62 761 45505
close×

Komite I DPD RI Bersama Pemprov Riau Bahas Uji Sahih RUU Tentang Etika Penyelenggara Negera

Rabu, 14 Jun 2017 | 1348 kali dilihat

PEKANBARU - Komite I DPD RI Bersama Pemerintah Provinsi Riau (Pemprov) Riau Bahas uji sahih RUU tentang Etika Penyelenggara Negera (EPN) di ruang Melati Kantor Gubernur Riau, Selasa (13/6).

Hadir dalam rapat tersebut rombongan adan Legislasi (Baleg) Komite I DPD RI, diantaranya Ketua Komite I Ahmad Muqowam (Jawa Tengah), Intsiawati Ayus (Riau), Hudami Rani (Bangka Belitung), Rijal Sirait (Sumut), Jacob Esau Komigi (Papua Barat), Chlid Mahmud (DI Yogyakarta), A.M Fatwa (DKI Jakarta) dan M Mawardi (Kalteng).

Sementara dari Pemprov Riau hadir Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie, Kepala Biro PUM Setdaprov Riau, Rahima Erna dan sejumlah pejabat  di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Ketua ?Komite I DPD RI, Ahmad Muqowam, dalam sambutannya mengatakan tujuan dari Uji sahih RUU EPN adalah memperkuat integritas dan ketahanan nasional, menjaga martabat dan kehormatan penyelenggara negara, membangun dan mengembangkan nilai moral dan etika dalam penyelenggara negara.

"RUU tentang EPN ini hadir karena sikap dan prilaku penyelenggara tidak konsisten pada prinsip melayani, mengayomi, berintegritas dan responsif dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang transparan, efektif dan efesien," paparnya. 

Dalam Pemaparannya Ahmad Muqowam menjelaskan bahwa, saat ini praktek penyelenggara negara sering kali mengabaikan prinsip-prinsip moral dan etis yang berakibat menurunnya kepercayaan masyarakat. Sehingga menjadi hambatan untuk mewujudkan penyelenggara negara yang baik, bersih.

Sejauh ini, banyak penangkapan pejabat dan aparatur karena dugaan  korupsi maupun suap dari berbagai  kekuasaan. Baik di eksekutif, legislatif maupun yudikatif,"ungkapnya

"Dalam kasus seperti itu menunjukkan bahwa persoalan etika menjadi masalah krusial, yang membutuhkan pengaturan dengan segera untuk mengatasi persoalan tersebut," tutupnya. 

Hadir dalam kesempatan itu Gubernur Riau,  diwakili Asisten I Setdaprov Riau Ahmad Syah Harrofie, Karo Tapem dan Otda Setdaprov Rahima Ernaserta sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau. (Mc Riau/Msa)