close× Telp +62 761 45505
close×

Harga TBS Sawit Turun Rp 37,58

Kamis, 22 Jun 2017 | 1357 kali dilihat

PEKANBARU - Harga tandan buah segar (TBS) CPO Riau masih berfluktuatif. Ini terlihat dengan penurunan Yang tercatat sebesar Rp1.788,60 atau mengalami penurunan sebesar Rp37,58. 

Kondisi ini berbeda dibanding harga pekan sebelumnya yang berada diantara Rp1.826,18. Diharapkan, ke depan angka harga TBS dapat membaik, sehingga dapat membantu petani. 

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau Ferry HC mengatakan, penurunan tersebut disebabkan beberapa faktor. Seperti faktor internal yakni turunnya harga jual CPO dari sebagian perusahaan sumber data. 

"Ya ada beberap faktor. Penurunan harga TBS juga disebabkan oleh turunnya harga jual kernel dari seluruh perusahaan" katanya, Rabu (21/6/2017).

Lebih jauh, untuk faktor eksternal yang mempengaruhi penurunan harga TBS minggu ini adalah dipengaruhi oleh berkurangnya permintaan global. Selain itu dari faktor eksternal adalah pergerakan bursa berjangka yang didominasi oleh spekulan biasanya cenderung sepi menjelang libur panjang.

''Mudah-mudahan ke depan harga TBS lebih membaik. Sehingga dapat mendukung peningkatan kesejahteraan petani,'' terangnya lagi.(MC Riau/mz)