close× Telp +62 761 45505
close×

Gubri Ikut Bermain Layang-layang

Kamis, 10 Agu 2017 | 2025 kali dilihat

PEKANBARU - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman ikut terlibat langsung dalam festival permainan rakyat se-Riau yang dilaksanakan di Taman Budaya Provinsi Riau, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru. Bahkan, orang nomor satu di Riau itu satu persatu menjajal beberapa permainan rakyat, salah satunya bermain layang-layang.

Dalam sambutannya, Gubri berharap agar permainan rakyat dapat turun-temurun diperkenalkan kepada anak-anak sebagai wujud menjaga kelestarian ragam budaya.

"Dalam memajukan kebudayaan Melayu, kita harus menjaga lingkungan, tidak boleh merusak. Mudah-mudahan festival permainan rakyat yang diadakan ini disosialisasikan terus menerus," kata pria yang akrab disapa Andi Rachmann tersebut di Pekanbaru, Rabu (9/8/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Yoserizal Zein mengungkapkan bahwa dalam festival permainan rakyat ini ada beberapa permainan yang diperlombakan, yaitu gasing, congklak, dan layang-layang. 

"Kemudian, ada juga berbalas Pantun, Tari Zapin dan sebagainya," kata Yose.

?Pembukaan festival ini pun di tandai dengan pemukulan ligu yang terbuat dari batok kelapa yang di susun sejajar yang ditancapkan di atas pasir.(MC Riau/rat)