Pekanbaru - Pemerintah Provinsi Riau melalui Biro Biro Kesejahteraan Rakyat Seketariat Daerah Provinsi Riau menggelar kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan di Provinsi Riau Tahun 2017 di Hotel Premier Pekanbaru, Rabu (13/9).

Acara Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan di Provinsi Riau Tahun 2017 ini mengambil tema "Sejahtera Untuk Semua"

Gubernur Riau diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi mengatakan bahwa, kegiatan ini sebagai bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan partisipasi, kepedulian dalam pemberdayaan masyarakat, status sosial keluarga miskin perkotaan sehingga mampu memenuhi kehidupan keluarga secara mandiri.

"Kita ketahui bersama penangan fakir miskin ini, pemerintah telah melakukan berbagai kegiatan nyata dan cepat, seperti peluncuran Kartu Kesejqahteraan sosial, Indonesia sehat, Kartu Indonesia pintar untuk itu perlu perhatian kita semua bagaimana kebijakan ini lebih efektif tepat sasaran  dan berdampak sosial bagi penerima manfaat," Ujarnya.

Lebih lanjut Gubernur Riau berharap kegiatan ini menghaislkan persepi dan langkah langkah yang sama sehingga dapat disenrgikan bersama untuk mendorong terbentuknya Pos pemberdayaan keluarga sebagai wadah bersama untuk melaksanakan fungsi pemberdayaan.

Sementara itu Kepala Biro Kesra Setdaprov Riau Masul Kasmy menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian semua pihak, baik dari pemerintah Pusat, Daerah, Swasta serta Perguruan tinggi untuk mendorong terbentuknya  pos pemberdayaan keluarga sebagai wadah bersama untuk pemberdayaan keluarga.

"Melalui pos tersebut diharapkan hidup kembali dukungan sosial seperti hidupnya budaya gotong royong dalam masyarakat, terpelihara inprasruktur sosial, serta terbentuk lemabaga sosial dengan anggota yang partisipasif, dalam sosial masyarakat," Terangnya

Kepala Biro Kesra kembali menjelaskan bahwa Kegiatan ini diikuti dari Pemerintah Provinsi Riau dari Dinas Sosial, Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Diskominfotik, Bappeda, Dinas Perdagangan dan Koperasi Usaha Kecil dan Menegah, sementara dari Pemerintah Kota terdiri dari Dinas Sosial Kab/kota , dan Bagian Kesra Se Provinsi Riau.

"Dengan narasumber dari Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementrian Sosial RI  dan dari perguruan tinggi UIN Suska Riau, yang dimulai dari tanggal 12 sampai 14 September 2017 di Hotel Premier Pekanbaru,"tutupnya. (MC Riau/Msa)