close× Telp +62 761 45505
close×

Kadinkes : Lakukan Aktivitas Fisik 30 Menit Setiap Hari

Jum'at, 22 Sep 2017 | 1049 kali dilihat

PEKANBARU - Dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat dapat dimulai dengan rutin melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap harinya. Ini juga merupakan salah satu tips menjaga kesehatan dalam program Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, bahwa pihaknya kini tengah gencar mensosialisasikan Germas kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat. Pencanangan gerakan ini pun sudah dua kali dilaksanakan di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan Kampar.

Mimi menguraikan, germas hidup sehat dapat dimulai dengan melakukan pergerakan fisik yang rutin dan dikerjakan setiap hari minimal dilakukan selama 30 menit dan diiringi dengan makan buah dan sayur.

"Kita harus melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari. Baik itu senam, berjalan kaki atau olahraga lainnya. Tujuannya supaya tubuh kita tetap produktif," kata Mimi di Pekanbaru, Jumat (22/9/2017).

Program Germas yang merupakan giat pemerintah di bidang kesehatan sesuai Intruksi Presiden (Inpres) Jokowi Nomor 1 Tahun 2017 tentang Germas itu juga mengimbau masyarakat untuk rutin melakukan pengecekan kesehatan minimal enam bulan sekali.

"Dengan menjaga kesehatan secara mandiri, masyarakat dapat terhindar dari sakit. Artinya, biaya pelayanan kesehatan yang harus dikeluarkan masyarakat pun berkurang karena jarang sakit," tutupnya.(MC Riau/rat)