close× Telp +62 761 45505
close×

Gubri Buka Raker Pemerintahan Desa Dan Kelurahan Riau 2018

Jum'at, 09 Feb 2018 | 1057 kali dilihat

Pekanbaru - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman Membuka Kegiatan Rapat Kerja Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Desa dan Kelurahan pada Tahun 2018, di Ballroom Hotel Mutiara Merdeka, Kamis (8/2).

Dihadiri oleh 126 orang Kepala Desa dan Kelurahan di Provinsi Riau, tema Rapat Kerja ini adalah "Melalui Rapat Kerja Urusan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Kelurahan Provinsi Riau Tahun 2018, Kita Tingkatkan Peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dan Usaha Ekonomi Kelurahan (UEK) Untuk Kesejahteraan Masyarakat". 

Dalam sambutannya Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman berujar bahwa melalui Rapat Kerja ini diharapkan untuk dapat memperkuat penyelenggaraan pemerintahan desa dan kelurahan di Provinsi Riau. 

"Pertemuan ini adalah untuk mengembangkan perekonomian pedesaan melalui BUMDes," ujar Gubri. 

Disampaikan oleh Gubri bahwa saat ia mengunjungi beberapa desa di Provinsi Riau, simpan pinjam menjadi kebutuhan masyarakat pedesaan. 

Adapun dalam Program Pengembangan Ekonomi Pedesaan Provinsi Riau, Pemprov Riau diungkapkannya akan mempercepat unit simpan pinjam BUMDesa dan Usaha Ekonomi Kelurahan untuk dijadikan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) berbadan hukum. 

"Hal ini merupakan sebuah potensi, aset bagi perekonomian daerah," ungkapnya.

Lebih lanjut ia berharap bahwa BUMDesa dapat menjadi pemacu percepatan perekonomian daerah melalui pengembangan BUMDesa Provinsi Riau. 

"Semoga kedepannya dengan adanya BUMDesa ini dapat mewujudkan Riau Bebas Rentenir," harap Gubri.

Gubri kemudian meresmikan Pencanangan Program Pengembangan Ekonomi Pedesaan Provinsi Riau dan Program Kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Provinsi Riau Tahun 2018.

Lalu dilanjutkan dengan penyerahan oleh Gubri secara simbolis Bantuan Keuangan dari Pemerintah Provinsi Riau kepada Desa dan Kelurahan Provinsi Riau Tahun 2018. 

Turut mendampingi Gubri, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi, Asisten II Setdaprov Riau Masperi, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Riau Syarifuddin.

Serta dihadiri oleh Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Riau Yusri, dan Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Riau Siti Astiyah, Direktur Utama Bank Riau Kepri Irvandi Gustari, dan unsur Forkopimda di lingkungan Provinsi Riau. (MC Riau/Zak)