close× Telp +62 761 45505
close×

KPU, Bawaslu Dan Polda Riau Gelar Tabligh Akbar Pilkada Damai Bersama Ustad Abdul Somad

Senin, 12 Feb 2018 | 956 kali dilihat

Pekanbaru - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi  Riau serta Polda Riau Gelar Tabligh  Akbar dalam rangka mensosialisasikan Pilkada damai dan bersih di Halaman Masjid Raya An Nur Provinsi Riau, Ahad Malam (11/2).

Dalam sambutanya Ketua Bawaslu RI Abhan menjelaskan  terkait Bagaimana Pilkada  damai dan berintegritas sehingga nantinya terpilih  kepala daerah yang amanah.

"Dalam Pilkada  ini ada tiga komponen yang menjadi bagian sukses, yakni pertama, Penyelenggara yang terdiri KPU Bawaslu, kedua, Peserta  Pilkada , yakni bagaimana  calon taat dan patuh pada atutan yang ada, yang terakhir  adalah Masyarakat itu sendiri,"ungkapnya. 

Kemudian Ketua KPU RI Arief Budiman, berpesan bahwa pada tanggal 27 Juni mendatang semangat untuk memilih.

"Bagaimana kita semangat berada  disini dan nantinya Pada tanggal 27 juni nanti jugasama semangatnya untuk datang untuk memilih,"ungkapnya. 

Senada dengan itu Kapolda Riau, Irjen Pol Nandang juga berpesan dalam sambutannya untuk menjaga kedamaian selama Pilkada.

Harapan kami, Kedamaian malam ini tetap  berlangsung   sampai nanti  tanggal 27 juni," ungkapnya. 

Kemudian Dalam Tausiahnya  Ustadz  Abdul Somad menjelaskan beberapa hal terkait filosofi sungai yang nantinya berhubungan  dengan Pilkada di Porvinsi  Riau. 

Filosofi pertama adalah, kalau sungai kotor di bagian hulu maka akan kotor di bagian hilir bahkan hingga ke laut. Artinya jika memilih pemimpin tidak baik maka akan menghasilkan pemimpin yang tidak baik.

"Filosofi kedua adalah, kalau takut kena air jangan bermain di tepi sungai. Artinya kalau ikut pertarungan ini harus siap mental yakni siap menang dan siap kalah," tambahnya.

Kemudian, ketiga adalah sungai hanyalah alat tapi tujuannya laut.

Artinya Pilkada hanyalah sarana yang tujuannya pemimpin yakni Gubernur Riau.

Keempat adalah bahwa ketika kita memakai kendaraan yang membuat ombak besar maka akan ada orang di tepian sungai yang akan menerima efeknya. 

"Apapun tindakan kita akan ada efeknya hari ini, esok atau masa mendatang," kata ungkap Dosen UIN Susqa Riau ini. 

Terakhir adalah kalau kita sendirian maka kita akan lemah. Maka naiklah sampan yang besar agar selamat.

Hadir dalam tabligh  akbar tersebut, Kapolda Riau,  Gubernur  Riau,  Wakil Gubernur  Riau, ketua Bawaslu RI , Ketua KPU RI, Forkopimda  Riau, Ketua DPRD  Riau,  Tokoh masyarakat Riau,  Serta Pasangan calon Gubernur  Riau yang maju di Pilkada Riau 2018 serta ribuan jamaah yang hadir untuk menyaksikan tabligh  akbar bersama  ustadz  Abdul Somad.  (MC Riau /Msa)