close× Telp +62 761 45505
close×

Sambut Baik Respon Wamen ESDM, Gubri Jadwalkan Pertemuan Dengan Pertamina

Kamis, 16 Agu 2018 | 891 kali dilihat

PEKANBARU - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman menyambut baik respon Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar yang sepakat daerah dilibatkan dalam pengelolaan ladang minyak nasional Blok Rokan, Provinsi Riau.

Menurut pria yang akrab disapa Andi Rachman itu, pasca pertemuan itu, akan ditindaklanjuti dengan mengagendakan pertemuan berikutnya dengan pihak PT Pertamina Persero selaku pengelola yang ditunjuk Pemerintah.

"Jadi kesimpulannya akan ada pertemuan dengan Pertamina. Nanti tim dari Riau terdiri Pemprov, BUMD, LAM dan elemen masyarakat Riau akan bertemu dengan Pertamina," katanya.

Dalam pertemuan lanjutan itu sambung Andi, nantinya akan ditentukan
siapa orang-orang yang akan ikut di dalam tim tersebut.

"Karena bagaimanapun ini lebih bicara ke teknis, masalah peluang BUMD bisa ikut di dalam pengelolaan Blok Rokan," ungkapnya.

Menurutnya dukungan Wamen ESDM untuk daerah terlibat mengelola Blok Rokan merupakan langkah positif perjuangan masyarakat bersama Pemprov Riau untuk menikmati hasil bumi melayu dengan porsi yang lebih.

"Jadi ini nanti akan bicara bisnis to bisnis. Kalau ikut dalam pengelolaan tentu akan lebih 10 persen yang kita punya. Harapannya seperti itu. Tapi kalau hanya cukup 10 persen dari Participating Interest (PI), tapi kita dilibatkan di dalam pengelolaannya bisa juga," paparnya.

Bagaimana dengan permintaan LAM Riau yang lainnya, pria yang akrab disapa Andi Rachman ini mengatakan semua permintaan sudah disampaikan, dan kesimpulannya akan dibahas lebih lanjut dengan Pertamina.

Disinggung sejauh mana kesiapan daerah menangkap peluang ini, Andi Rachman menyatakan daerah masih punya waktu dan peluang untuk menyusun strategi lebih baik lagi.

"Jadi tidak seperti tahun-tahun yang lalu (Blok Siak dan Blok Kampar,red)," pungkas mantan Anggota Komisi VII DPR RI ini.(MC Riau/yan)