close× Telp +62 761 45505
close×

Tunda Bayar Diupayakan Untuk Proyek Besar

Selasa, 25 Sep 2018 | 814 kali dilihat

PEKANBARU - Defisit anggaran yang menghampiri Pemerintah Provinsi Riau terus menarik perhatian. Salah satu yang dikhawatirkan adalah informasi tunda bayar untuk program dan kegiatan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018.  

Untuk mengantisipasi terkendalanya beberapa proyek yang bersentuhan dengan masyarakat, Pemerintah Provinsi Riau pun  bersikap. Dimana rencana tunda bayar diupayakan hanya untuk proyek-proyek dengan skala besar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau Dadang Eko mengatakan hal itu sudah dikoordinasikan. Dimana, diupayakan mekanisme tunda bayar kemungkinan besar akan dititik beratkan pada proyek-proyek besar. 

"Semuany tentu ada mekanismenya. Ya kalaupun ada tunda bayar kemungkinan untuk proyek-proyek yang besar lah. Kalau proyek kecil kami upayakan jangan sampai tunda bayar," paparnya, Senin (24/9/2018). 

Salah satu pertimbangan adalah pendapatan rekanan yang akan berpengaruh jika proyek dalam skala kecil juga masuk tunda bayar. Pertimbangan lain adalah perputaran uang di tengah masyarakat agar tetap stabil terutama menjelang akhir tahun mendatang. 

Rencana tunda bayar untuk sejumlah proyek mdilakukan oleh Pemprov Riau lantaran duit APBD tidak memungkinkan untuk dilakukan. Dimana faktor defisit karena alokasi DBH dari pusat tertahan terkendala. Kebijakan ini ternyata berimbas pada kondisi keuangan daerah.(MCR/mz)