close× Telp +62 761 45505
close×

Diskominfotik Riau Gelar Rakornis Bersama Kominfo Se-Provinsi Riau Tahun 2018

Jum'at, 14 Des 2018 | 1209 kali dilihat

PEKANBARU - Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Komunikasi Informatika dan Statistik se-Provinsi Riau Tahun 2018 di Hotel Jatra, Kamis (13/12/2018).

Rakornis Komunikasi Informatika dan Statistik se Provinsi Riau tahun 2018 mengangkat tema "Sinergitas dan Sinkronisasi urusan Komunikasi, Informatika Statistik dan Persandian Berdasarkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)”.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Riau yang dibacakan Kepala Dinas Komunikasi  Informatika  dan Statistik Provinsi Riau Yogi Getri menjelaskan bahwa, penerapan teknologi informasi dan komunikasi pada setiap perangkat organisasi pemerintah saat ini mutlak diperlukan untuk meningkatkan percepatan arus informasi antar lini di suatu instansi. 

"Hal ini merupakan sebuah proses menuju reformasi birokrasi di sektor pelayanan pemerintahan," ungkapnya

Kemudian ia menjelaskan, revolusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan peluang bagi pemerintah untuk melakukan inovasi pembangunan aparatur negara melalui penerapan SPBE atau e-government, yaitu penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan TIK untuk memberikan layanan kepada instansi pemerintah, Aparatur Sipil Negara, pelaku bisnis, masyarakat dan pihak-pihak lainnya.

"Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, tuntutan yang cukup deras dari masyarakat sebagai penerima layanan untuk dilakukannya reformasi birokrasi di lingkungan pemerintahan (daerah), dengan adanya Grand Design Reformasi Birokrasi yang dituangkan ke dalam Permenpan No. 20 Tahun 2010 dan Road Map Reformasi Birokrasi cukup membantu pemerintah Pusat dan Daerah untuk melakukan perubahan secara berkesinambungan,"tambahnya.

Gubernur Riau berharap, kepada para Peserta Rakornis Tahunan Diskominfo se Provinsi Riau untuk dapat mengikuti acara ini sampai selesai dan sungguh-sungguh.

"Manfaatkanlah waktu yang singkat ini untuk berdiskusi dengan para Narasumber, agar pengetahuan dan pencerahannya dapat kita ambil sebagai pengetahuan bagi kita semua," tutupnya. 

Sementara itu, ketua panitia Rakornis Kominfo dan Statistik tahin 2018 yang juga Sekretaris  Diskominfotik Riau Lili Irianti menjelaskan bahwa tujuan Rakornis ini adalah Membahas permasalahan  pelaksanaan SPBE, menyamakan persepsi dalam rangka mengatasi permasalahan pelaksanaan e government di daerah untuk membangun percepatan reformasi birokrasi di pemerintahan pusat,provinsi dan kabupaten/kota , serta Menjalin interaksi yang positif antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam membangun e-government sebagai salah satu sarana menuju reformasi birokrasi.

"Rakornis Tahun 2018 ini berjumlah 43 orang yang berasal dari, Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, Bappeda Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, Bagian Humas Setda Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau dan Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Diskominfo dan Statistik Provinsi Riau,"ungkapnya.

"Dengan narasumber yang berasal dari pusat dan daerah yakni, Rizkal selaku Kepala Sub Direktorat Layanan Keamanan Informasi (LKI) Direktorat Proteksi Pemerintah Deputi Proteksi Pemerintah BSSN, M.Unggul Sampurna selaku Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Badan Pusat Statistik Provinsi Riau, Setiawan selaku Kepala Seksi Infrastruktur dan Teknologi Aplikasi Informatika Pemerinrah Ditjen Aptika Kementrian Informasi dan Komunikasi serta Linda Merlina selaku Kepala Sub Bidang Pekerjaan Umum, Perhubungan, Energi dan Komunikasi Informasi Persandian Bappeda Provinsi Riau,"tutupnya.  (MC Riau/Msa)