close× Telp +62 761 45505
close×

Gubri Harap Mesjid Cheng Ho Nanti Bisa Jadi Wisata Religi

Kamis, 20 Jun 2019 | 836 kali dilihat

BAGANSIAPIAPI- Gubernur Riau Syamsuar, melakukan pemancangan pertama pembangunan Masjid Cheng Ho di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Rabu (19/6/19). Masjid ini adalah pertama di Riau dan diharapkan menjadi ikon dan wisata riligi di Bumi Lancang Kuning ini.

“Setahu saya Masjid Muhammad Cheng Ho ini adalah pertama di Riau,” kata Bupati Rohil Suyatno.

Bentuk masjid, sambung Suyatno, nampaknya seperti perpaduan kelenteng dan kubah yang menjadi ikon Kabupaten Rohil. Hal ini bermakna bahwa keberagaman itu melahirkan rasa tolenransi yang kuat.

“Harapan saya pembangunan masjid ini secepatnya diselesaikan, target kita 9 bulan sudah selesai. Karenanya kita minta dukungan semua pihak. Terutama masalah keamanan karena banyak barang-barang yang masuk terkait dengan pembangunan, dan setelah masjid ini siap dibangun bakal ramai dikunjungi,” kata Suyatno.

Sementara itu Gubernur RiauSyamsuar dalam sambutannya mengatakan, pembangunan masjid Muhammad Cheng Ho ini sangat membanggakan, tidak hanya bagi masyarakat Rohil tapi juga bagi masyarakat Riau. Ia berharappembangunan masjid ini membawa berkah bagi semua umat.

“Mari kita menjaga predikat Islam rahmatan lil alamin dalam keberagaman ini. Saya mengucapkan terima kasih, karena memang pertama kali masjid Muhammad Cheng Ho ini ada di Riau. Semoga hal ini menjadi ikon Riau dalam wisata riligi,” ungkap Syamsuar.

Syamsuar juga berharap, anak rantau Rohil tidak hanya menghadiri acara-acara di Rohil tapi juga hadir pada acara di Riau agar semangat anak rantau ini membangkit semangat bagi warga yang ada di kampung.

“Saran saya, setelah masjid ini sudah dibangun sebaiknya ada bagian bangunan di pujasera ini yang harus dipindahkan sehingga masjid ini tidak tertutup lantaran letaknya berada di belakang,” ucap Syamsuar. (MCR/mtr)