close× Telp +62 761 45505
close×

Wagubri Ajak Masyarakat Riau Konsumsi Ikan Sejak Dini

Jum'at, 25 Okt 2019

PEKANBARU - Wakil Gubernur (Wagub) Riau, Edy Natar Nasution ajak semua masyarakat Riau untuk gemar memakan ikan karena mengandung omega 3, bergizi tinggi dan asam amino yang dapat menambah kecerdasan otak dan produktif.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara lomba masak serba ikan se-Provinsi Riau 2019 yang ditaja oleh Dinas Kelautan dan Perikanan, Kamis (24/10/19).

Edy mengapresiasi baik adanya acara ini dan menyambut gembira kegiatan lomba memasak serba ikan, kerena menurutnya kegiatan ini salah satu upaya utk menumbuhkembangkan kepedulian dan kecintaan masyarakat untuk gemar makan ikan sejak dini.

Edy melihat tingkat konsumsi ikan di Kabupaten se-Provinsi Riau belum mencapai angka nasional yakni 50 kg perkapita pertahun.

Ia melanjutkan, jumlah konsumsi ikan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) 38 kg, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) 31 kg, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) 39 kg, Kabupaten Pelalawan 41 kg, Kabupaten Siak 40 kg, Kabupaten Kampar 35 kg, Kabupaten Bengkalis 40 kg, Rokan Hilir (Rohil) 51 kg, Kabupaten Meranti 52 kg, Kota Pekanbaru 38 kg, dan Dumai 40 kg perkapita pertahun.

"Jadi rata-rata konsumsi ikan di Provinsi Riau masih 43 kg," terang Wagub.

Ia mengatakan atas nama rakyat Riau patut bersyukur sebab Riau telah dianugerahi kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) termasuk potensi sumber daya perikanan dan kelautan.

"Ini harus kita manfaatkan demi mencapai Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan berdaya saing," lanjutnya.

Sebab menurutnya, dalam menyiapkan SDM yang berkualitas, sehat, cerdas, berdaya saing dan produktif harus mengkonsumsi asupan yang bermutu.

"Untuk itu marilah kita menanamkan gemar mengkonsumsi ikan sejak dini di dalam keluarga," tutupnya. (MCR/NV)