close× Telp +62 761 45505
close×

BPS Riau Ajak Kepala Daerah Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Kamis, 13 Feb 2020 | 1137 kali dilihat

PEKANBARU - Kepala Badan Statistik Sosial (BPS) Provinsi Riau melalui Kepala Bidang Sosial, Ahmad Azhari meminta kepala daerah berperan aktif mensukseskan Sensus Penduduk tahun 2020.

"Ini akan dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia apalagi seauai dengan pesar Presiden Indonesia, Joko Widodo yang meminta seluruh lembaga agar memberikan dukungan penuh terhadap Sensus Penduduk," ungkapnya saat dikonformasi di Kantor BPS Provinsi Riau, Rabu (12/2/20).

Ia berharap, pemerintah baik Provinsi maupun kabupaten membangun dan berkoordinasi untuk melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah untuk mensuskeskan Sensus Penduduk 2020 ini.

"Kami juga akan mensosialisasikannya dengan cara melakukan rakorcam dengan mengundang seluruh kepala daerah se-Provinsi Riau sehingga nanti dengam rakorcam ini kepala daerah bisa menyampaikannya kepada RT/RW selanjutnya sampai kepada masyarakat," ujarnya.

Azhari juga mengajak masyarakat untuk melakukan Sensus Penduduk Online (SPO) terutama bagi masyarakat yang sibuk seperti ASN bisa melakukannya dengan cara online. Ia mengaku, pihaknya menargetkan SPO se-Provinsi Riau sebesar 30%. Sementara 70% akan dilakukan door to door sehingga bisa dilaksanakan pada Juli 2020 mendatang.

Untuk diketahui, persyaratak yang harus dilengkapi untuk melakukan Sensus Penduduk 2020 yakni nomor Kartu Keluarga (KK), E-Nikah, nomor buku nikah (kalau sudah menikah) dan nomor surat cerai (kalau sudah bercerai).

"Jangan lupa mengisi nama, alamat serta anak yang tidak tinggal dengan orang tua. Sebab itu akan membedakan data antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Disdukcapil) dan BPS terkait de facto dan de juronya," tutupnya. (MCR/NV).