close× Telp +62 761 45505
close×

Gubernur Syamsuar: Data Valid Kunci Utama Kesuksesan Pembangunan

Selasa, 18 Feb 2020 | 1122 kali dilihat

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan data yang valid merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan karena data yang akurat sangat penting.

Itu dikatakannya saat membuka secara resmi pencanangan Sensus Penduduk Online 2020 yang diselenggarakan di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (17/2/2020).

"Kebutuhan akan data yang valid merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan, dengan data yang berkualitas perencanaan pembangunan lebih tajam dan lebih tepat sasaran, ungkapnya.

Untuk itu, lanjutnya, sangat penting memiliki data yang akurat, namun tidak kalah penting lagi memiliki satu sumber data kependudukan sehingga kita dapat membuat suatu program maupun perencanaan.

Dengan demikian, Gubri Syamsuar memberikan apresiasi terhadap hajatan besar bangsa ini (Sensus Penduduk) yang telah dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS), yang mana memiliki tujuan untuk menghasilkan satu data kependudukan untuk Indonesia maju.

Hal senada juga dilontarkan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, Misfaruddin menyebutkan dua tujuan utama Sensus Penduduk 2020 kali ini, yaitu menyediakan data komposisi distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menurut de fakto dan de juro.

Berikutnya, menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk.

"Dengan begitu, data hasil Sensus Penduduk 2020 tidak hanya bermanfaat untuk membuat perencanaan di masa kini, namun juga mengantisipasi apa yang akan terjadi di masa depan," tutupnya. (MCR/NV).