close× Telp +62 761 45505
close×

Ini Rumah Sakit Rujukan Pasien Suspect Corona Di Pekanbaru

Selasa, 17 Mar 2020

PEKANBARU - Langkah antisipasi dan tindakan telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menyikapi wabah virus corona atau covid-19.

Setelah meliburkan siswa di semua tingkatan dan sterilisasi fasilitas umum, Pemko Pekanbaru dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau juga menunjuk sejumlah rumah sakit (RS) sebagai rujukan bagi warga yang memiliki gejala mirip corona.

"Kita juga menyiapkan tempat, ada empat rumah sakit yang di Riau yang sudah ditunjuk pemerintah pusat. Satu ada di Pekanbaru yaitu RSUD Arifin Achmad," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru M Noer MBS, Selasa (17/3/2020). 

Lanjutnya, khusus di Pekanbaru, selain RSUD Arifin Achmad ada juga RS Swasta yang ditetapkan gubernur. Seperti RS Awal Bros, RS Ibnu Sina, RS Santa Maria, dan RS Eka Hospital.

"Gubernur juga beri keputusan bahwa, setiap kasus tidak langsung dibawa ke RSUD Arifin Achmad, dirujuk dulu ke RS Swasta, kita juga siapkan RSD Madani," jelasnya. 

Kemudian, di luar RS yang empat tadi, juga ada yang bersedia seperti RS Bhayangkara, RS Tentara. 

"Protapnya jika ditemukan suhu tubuh di atas 38 derajat celcius, bawa ke RS Swasta yang ditunjuk dan akan diteliti," jelasnya. 

Ia menyebut, Kota Pekanbaru harus banyak aksi. Sebab, pasien suspek Corona terbanyak di Riau ada di Kota Pekanbaru. 

"Pekanbaru harus banyak aksi, data terakhir di Riau ada 17 Suspek, 10 di antaranya di Pekanbaru," jelasnya. (MC Riau/yan)