close× Telp +62 761 45505
close×

Antisipasi Karhutla Berulang, Gubri: Akan Dilakukan Pemberdayaan Masyarakat Setempat

Rabu, 08 Jul 2020 | 390 kali dilihat

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyampaikan bahwa sampai saat ini masih banyak terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) berulang-ulang di suatu daerah atau di suatu tempat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebut Gubri, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan melakukan pendekatan dan pemberdayaan dengan masyarakat yang tinggal berdekatan dengan lokasi tersebut.

"Maksudnya tahun lalu terjadi Karhutla di lokasi tersebut, tahun ini terjadi lagi di daerah yang sama, itu yang mau kita antisipasi," katanya usai meninjau posko Karhutla Riau di Gedung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Selasa (07/07/2020).

Selain pendekatan dengan warga, sebut Syamsuar, dirinya juga telah meminta Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau untuk melakukan pendekatan dengan perusahaan yang ada di daerah sekitar terjadinya Karhutla.

Dengan harapan, perusahaan bersangkutan akan membantu memberdayakan masyarakat, sehingga penanggulangan Karhutla bisa teratasi dengan baik.

"Harapan saya perusahaan yang berdekatan mereka juga berkewajiban membantu masyarakat disekitar," tuturnya.

Gubri berharap, nantinya masyarakat yang telah diberdayakan oleh pemerintah dapat mengawal terjadinya Karhutla serta mengantisipasi terjadinya kebakaran berulang disuatu daerah.

"Masyarakat bisa mengawal daerahnya, ya kita berharap tidak terjadi lagi di daerah tersebut," ucapnya. (MCR/IP)