close× Telp +62 761 45505
close×

Riau Akan Tampilkan Tarian Surak Rang Kuantan Dalam Peringatan HUT RI

Kamis, 09 Jul 2020 | 2658 kali dilihat

PEKANBARU - Dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-75 mendatang, setiap daerah diberikan kesempatan untuk menampilkan kebudayaan dari setiap daerahnya masing-masing melalui virtual.

Untuk itu, Provinsi Riau sendiri berencana akan menampilkan tarian Surak Rang Kuantan yang berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution saat mengikuti rapat kegiatan pergelaran kesenian dalam Rangka HUT RI ke 75 tahun 2020, bersama sekretaris Presiden Indonesia dan pemerintah daerah lainnya se Indonesia, di Gedung Daerah Balai Serindit Riau, Rabu, (08/07/20).

"Dari riau meminta menampilkan tarian Surak Rang Kuantan dari Kuansing," katanya.

Dijelaskan Edy Natar, tari ini menceritakan kisah masyarakat Kuansing pada masa lalu yang aktivitasnya banyak di pinggir sungai Kuantan.

Tambahnya, dulu Kuantan hanya digunakan untuk mencuci, mandi, transit orang dari sawa serta aktivitas lainnya. Namun sebut Edy, sekarang fungsi sungai tersebut telah berubah menjadi kebiasaan yang sudah mendunia yaitu pacu jalur.

"Ini yang menggambarkan cerita masyarakat sekitar, sekarang Kuantan berfungsi mengumpulkan masyarakat, inilah yang digambarkan dalam Surak Rang Kuantan," ujarnya.

Dia menyebutkan, tarian ini akan ditarikan oleh 9 orang dan 13 pemain musik dengan durasi 7 menit dan rencananya akan ditampilkan di lapangan Purna MTQ.

"Kira-kira itu lah kesenian yang akan kita tampilkan," ujarnya. (MCR/IP)