close× Telp +62 761 45505
close×

Kejar Target, Tim Gugus Tugas Riau Tes Swab ASN, THL Dan Wartawan

Rabu, 22 Jul 2020 | 628 kali dilihat

PEKANBARU - Tim Gugus Tugas Covid-19 Riau tes swab Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Pemprov Riau.

Kegiatan tersebut selain bergerak cepat pendeteksian penyebaran Covid-19 di Riau, juga dalam rangka penggesaan pencapaian target swab yang di tetapkan pemerintahan pusat sebelumnya untuk Riau. Yaitu sebesar 24 ribuan sampel per satu bulan.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Riau, Chairul Riski, adapun ASN dan THL di tiga OPD tersebut adalah Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Riau sendiri, Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Riau dan jua Biro Umum Setdaprov Riau. Bahkan juga ada dari kalangan wartawan yang selama ini juga terrgabung sebagai tim Covid-19 Riau.

"Jumlahnya mencapai ratusan orang yaitu 400 hingga 500 orang. Selain gratis kegiatan swab ini juga tujuannya mempercepat pemutusan mata rantai penularan Covid-19," katanya Selasa (21/7)

Sedangkan untuk hasil swab akan dikeluarkan lebih kurang 3-4 hari setelah pengambilan sampel. Dimana nanti semua peserta juga akan diberi surat keterangan hasil pemeriksaan swab.

Disisi lain, kepala Dinas Kesehatan Riau, Mimi Yuliani Nazir sebelumnya menyampaikan, jika saat ini tim gugus tugas Covid-19 Riau bersama pihak dinas kesehatan terus menggesa kegiatan tes swab. Dimana selain mempercepat pendeteksian penyebaran juga dalam rangka pencapaian target swab Riau sesuai yajg ditetapkan pemerintah pusat. Karena sesuai informasi dari pusat, jumlah wab Riau saat masih jauh dari persentase penduduk. Sehingga diminta untuk evaluasi dan kembali menggesa pelaksanaan swab.

"Kegiatan ini juga dilakukan oleh semua kabupaten kota sesuai target yajg sudah diberikan sebelumnya," katanya.

Dengam adanya penguasaan swab ini, ia berharap target swab Riau bisa terpenuhi dengan maksimal. Selain itu pendeteksian penyebaran Covid-19 Riau bisa segera diketahui untuk ditindaklanjuti seterusnya.

"Swab ini diberikan secara gratis pada masyarakat, untuk itu kita hinbau masyarakat bisa memanfaatkan program ini dan tidak perlu takut untuk ikut tes swab," tuturnya.(MCR/AZ)