close× Telp +62 761 45505
close×

Menkeu Harapkan Lembaga Pemerintah Lakukan Langkah Efektif Capai Opini WTP

Selasa, 22 Sep 2020 | 547 kali dilihat

PEKANBARU - Menteri Keuangan (Menkeu) RI, Sri Mulyani Indrawati mengharapkan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah yang belum berhasil meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) agar melakukan langkah efektif untuk mencapai opini WTP.

Ia menjelaskan, kementerian/lembaga dan pemerintah tersebut hendaknya melakukan langkah-langkah dalam menyelesaikan temuan dan menindaklanjuti rekomendasi hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) secara sungguh-sungguh dan komprehensif.

Dengan demikian, terangnya, sehingga pengelolaan keuangan negara pada tahun-tahun berikutnya akan menggambarkan tata kelola dan komitmen pemerintah yang lebih baik.

Hal tersebut disampaikan Menkeu RI saat Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 secara virtual yang diikuti oleh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, Selasa (22/09/20).

"Saya berharap lembaga menyelesaikan temuan dan tindak lanjuti rekomendasi temuan BPK secara langsung," ujarnya.

Sri Mulyani menambahkan, bagi daerah yang telah berhasil meraih opini WTP, agara capaian tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan kedepannya.

Sebagai salah satu wujud atas capaian yang baik dari seluruh pimpinan dalam mewujudkan tata kelola keuangan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Semoga yang berhasil meraih opini WTP dapat dipertahankan dan ditingkatkan," ujarnya. (MCR/IP)