close× Telp +62 761 45505
close×

Gubri Apresiasi Masyarakat Kembangkan Produk Hand Sanitizer Di Tengah Pandemi Covid-19

Senin, 28 Sep 2020 | 471 kali dilihat

BENGKALIS - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengapresiasi masyarakat yang tergabung dalam Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mekar Jaya Desa Pakning Asal Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, yang telah mampu mengembangkan dan menciptakan inovasi di tengah pandemi Covid19.

Masyarakat tersebut telah berhasil menciptakan produk yang paling dibutuhkan saat pandemi Covid-19, yaitu hand sanitizer dari bahan alami seperti citronella dan serai wangi yang telah berstandar WHO.

Dimana pembuatan handsanitizer tersebut, BUMDes Mekar Jaya didampingi juga oleh Tim CSR PT Pertamina RU II Sungai Pakning dan dosen dari PMIPA FKIP Universitas Riau.

“Salut sama masyarakat, bisa membuat produk hand sanitizer yang mana bahannya merupakan tanaman asli lahan gambut yang dibudidaya dan dilestarikan oleh masyarakat," ujarnya.

Tidak hanya hand sanitizer, masyarakat di sana juga membuat tas dari anyaman daun hingga minuman sirup mangrove jenis pedada. 

Syamsuar mengapresiasi rasa sirup tersebut tidak kalah sedap dengan sirup yang dijual di toko, apalagi ditambah khasiat antioksidannya.

"Ada Vitamin C di buah pedada lumayan tinggi. Semoga menjadi nilai tambah ekonomi bagi masyarakat setempat” lanjut Gubernur Riau. (MCR/IP)