close× Telp +62 761 45505
close×

Bahas Ketahanan Pangan, Plh Sekdaprov Riau Gelar Rapat

Kamis, 14 Jan 2021 | 60 kali dilihat

PEKANBARU - Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy menggelar rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi ( terkait dalam rangka membahas ketahanan pangan di Provinsi Riau khususnya pada masa pandemi Covid-19 di Ruang Rapat Plh Sekdaprov Riau Gedung Menara Lancang Kuning, Rabu (13/1/21). 

Masrul Kasmy mengatakan, hingga saat ini kebutuhan pangan di Provinsi Riau masih berasal dari provinsi tetangga seperti Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Kepulauan Riau. Untuk itu, Provinsi Riau perlu mengadakan upaya-upaya kerjasama (MoU) bersama provinsi tetangga sehingga nantinya untuk pangan di Riau bisa aman dan terjamin. 

"Menurut saya kerjasama dengan provinsi tetangga ini adalah ide bagus, karena pengadaan pangan kita masih tergantung dengan provinsi tetangga," jelasnya. 

Oleh karenanya, ia berharap OPD terkait segera membentuk tim khusus untuk membahas upaya-upaya kerjasama semacam MoU antar provinsi atau MoU antar Gubernur. 

Sebagai instansi yang menangani masalah pangan di Provinsi Riau, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTPH) Provinsi Riau, Syahfalefi mengatakan bahwa masalah pangan merupakan tugasnya. Pihaknya akan memberikan upaya terbaik dalam mencukupi kebutuhan pangan di Riau. 

"Kita perlu mempertimbangkan kerjasama ini dengan provinsi tetangga, mengingat pangan kita masih berasal dari sana (provinsi tetangga)," sebutnya. 

Ia berharap nantinya OPD terkait agar bisa menyamakan persepsi dalam rangka mendukung ketahanan pangan untuk Provinsi Riau. (MCR/NV)