close× Telp +62 761 45505
close×

Kadiskominfotik Riau Pimpin Forum Perangkat Daerah Tahun 2021

Rabu, 17 Feb 2021 | 193 kali dilihat

PEKANBARU - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Chairul Riski memimpin rapat forum perangkat daerah Tahun 2021 terkait penyusunan rancangan awal rencana kerja Tahun 2022 mendatang di Lingkungan Diskominfotik Riau yang berlangsung di Ruang Rapat Diskominfotik Riau, Selasa (16/02/2021).

Dalam sambutannya, ia mengungkapkan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Daerah (Perda)  Provinsi Riau Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Perubahan Perda Riau Nomor 9 Tahun 2009 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) Tahun 2005 - 2025.

"Khususnya pada misi kelima RPJMD 2019-2024 yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang prima berbasis teknologi informasi," katanya.

Ia menuturkan untuk percepatan perwujudan misi tersebut dalam hal tersebut Provinsi Riau telah merencanakan untuk menjadikan Provinsi Riau sebagai smart provinsi dan juga menjadikan wilayah Provinsi Riau terbebas dari blank spot internet sehingga optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik yang berbasis Teknologi, Informatika dan Statistik (TIK) dapat terwujud.

"Sedikit info sejak Tahun 2020 berdasarkan surat dari Gubernur Riau, kami telah ke departemen kominfo bahwa ada kurang lebih 283 desa yang belum ada internet," ucapnya.

Untuk itulah, pihaknya telah sudah melakukan konsultasi ke kominfo dan Badan Asimilasi Teknologi Informatika. Adapun surat dari Gubernur Riau tersebut telah ditanggapi dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau, yang mana desanya belum ada jaringan internetnya.

"Alhamdulillah surat gubernur ditanggapi kita mendapatkan setengahnya sekitar 120an yang akan mendapatkan bantuan, target kami dari kementerian akhir 2022 bebas blank spot, semoga realisasinya dapat dilaksanakan segera," terangnya.

Oleh karena itu, ia berharap Provinsi Riau dapat mewujudkan smart provinsi dengan menerapkan sistem berbasis elektronik dalam kegiatan pemerintahan untuk itu perlu dukungan agar optimalisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dapat segera terwujud.

"Rancangan SPBE harus didukung agar optimalisasinya segera terwujud," harapnya. 

Turut hadir dalam forum tersebut secara virtual Anggota Komisi I DPRD Provinsi Riau Zulfi Mursal, Sekretaris Diskominfotik Riau Sri Mekka, Kepala Bidang Insfratruktur dan Kewilayahan Bappedalitbang Provinsi Riau Raja Juarisman, Kepala Dinas Kominfo di Kabupaten/Kota se-Riau secara langsung atau virtual dan seluruh kepala bidang di lingkungan Diskominfotik Riau. (MCR/DW)