close× Telp +62 761 45505
close×

Jokowi Minta Covid-19 Jadi Momentum Perkokoh Ketanggungan Hadapi Bencana

Kamis, 04 Mar 2021 | 595 kali dilihat

PEKANBARU - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meminta agar momen setahun bencana Covid-19 di Indonesia dapat dijadikan sebagai momentum untuk memperkokoh ketangguhan dalam menghadapi segala bentuk bencana.

Ia menyebutkan, setahun ini Bangsa Indonesia telah diberi pengalaman, diberi pelajaran yang sangat luar biasa bukan hanya bencana alam tetapi juga bencana non alam berupa pandemi Covid19.

Menurutnya, dalam menghadapi bencana kemanusiaan yang tidak pernah ada perbandingannya dalam sejarah, sisi kesehatan, sisi ekonomi harus diselesaikan dalam waktu yang bersamaan.

"Bukan hanya skala daerah, bukan hanya skala nasional, tetapi juga skala global," ucapnya pada Rakornas pengendalian bencana 2021, yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (3/3/2021).

Jokowi menambahkan, lebih dari 215 negara mengalami hal yang sama. Yang mengharuskan semua pihak bekerja cepat, harus inovatif dan juga berkolaborasi dengan semua pihak, dengan negara lain, dengan lembaga Internasional.

Untuk itu ia meminta seluruh elemen yang ada untuk terus berkolaborasi dan bersama-sama menghadapi bencana ini terutama pada aspek pencegahan dan mitigasi bencana.

"Harus antisipasi yang betul-betul terencana dengan baik dan detail, karena itu kebijakan nasional dan kebijakan daerah harus sensitif terhadap kerawanan bencana," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran BNPB yang telah mendedikasikan seluruh waktunya ikut bekerja dalam menangani dan menyelesaikan krisis akibat bencana alam maupun non alam yang terjadi di Indonesia.

"Pengalaman ini harus kita jadikanlah sebagai momentum untuk memperkokoh ketangguhan kita dalam menghadapi segala bentuk bencana," katanya. (MCR/IP)