close× Telp +62 761 45505
close×

Wagubri Hadiri Lauching Aplikasi SINAR Secara Virtual

Rabu, 14 Apr 2021 | 902 kali dilihat

PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution menghadiri Launching Aplikasi SIM Nasional Presisi (SINAR) Korlantas Polri secara virtual di Aula Zapin Polresta Pekanbaru, Selasa (13/4/2021). 

Adapun pelayanan publik di bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLJL) merupakan salah satu tugas penting bagi Korlantas Polri. Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dibutuhkan pemanfaatan kemajuan teknologi yang mendukung. Salah satu untuk mendukungnya adalah dengan menggunakan layanan SINAR. 

Aplikasi ini memberikan berbagai manfaat, diantaranya mempermudah dan mempercepat proses pelayanan SIM karena dapat diakses kapan saja dan dimana saja melalui aplikasi mobile.

Selain itu, menghindari kontak fisik sehingga dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19 yang saat ini belum berakhir, serta meningkatkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat. 

"Aplikasi SINAR bertujuan untuk mempermudah perpanjangan SIM A dan SIM C di mana dan kapan saja, serta aplikasi ini juga mempermudah pengiriman fisik SIM ke mana saja," kata Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Istiono. 

Melalui aplikasi ini juga masyarakat dapat terlayani melalui jasa pengiriman dokumen SIM yang sudah terbit untuk diantar sampai ke alamat pemohon. 

"Korlantas Polri telah membuat satu terobosan yakni berupa aplikasi SINAR yang dapat diakses secara online, pemohon dapat mengunduhnya di APP Store dan Play Store, ini sebagai proses untuk menghadapi revolusi industri 4.0 menuju 5.0 di tengah masa pandemi Covid-19," jelasnya. 

Sementara itu, Kapolri Listyo Sigit Prabowo juga mengatakan peluncuran aplikasi SINAR merupakan perwujudan dari program kerja Kapolri yakni transformasi organisasi dan pelayanan publik. Di samping itu, Polri katanya perlu mengikuti perkembangan teknologi termasuk dibidang lalu lintas yang selama ini sering beriteraksi dengan masyarakat. 

"Dengan mengikuti perkembangan teknologi maka dapat mewujudkan digitalisasi pelayanan," imbuhnya. 

Ia berharap, Korlantas terus melakukan inovasi-inovasi dibidang digital, seperti perpanjangan STNK dan urusan BPKB juga bisa dilayani dengan pemanfaatan teknologi informasi. 

Turut hadir Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Danrem 031/WB M Syech Ismed, Kapolresta Pekanbaru Nandang Mu'min, serta unsur Forkopimda di lingkungan Provinsi Riau. 

(Mediacenter Riau/nv)