close× Telp +62 761 45505
close×

Ahli Epidemiologi Riau Ingatkan Orang Tua Jangan Bawa Anak Balitanya Ke Tempat Keramaian

Selasa, 13 Jul 2021 | 523 kali dilihat

PEKANBARU - Ketua Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan mengingatkan kepada orang tua yang memiliki bayi dibawah lima tahun atau Balita agar tidak membawa anaknya ke tempat keramaian. Seperti ke pusat perbelanjaan, tempat wisata atau bahkan ke pesta pernikahan.

Pesan ini disampaikan Wildan menyusul tingginya angka kematian pada Balita yang disebabkan akibat Covid-19. Hingga tercatat sudah ada 12 Balita di Riau yang meninggal dunia akibat Covid-19.

"Karena kalau anak-anak ini dibawa tempat Pesta kan banyak yang cium-cium karena gemes, namanya anak bayi kan pasti banyak yang gemes pengen mencium atau menggendongnya," kata dr Wildan, Selasa (13/7/2021).

Namun tanpa disadari tindakan tersebut justru menjadi celah penularan Covid-19 kepada anak-anak khususnya balita. 

"Jadi kalau tidak penting kali jangan lah bawa balita itu keluar rumah, apalagi ke tempat keramaian, karena kalau sudah dibawa ke tempat umum, jumpa keluarga digendong kesana-kesini, dicium ini bahaya," ujarnya.

Wildan mengungkapkan, penularan Covid-19 pada balita sebagian besar memang disebabkan dari kluster keluarga. Untuk itu pihaknya meminta kepada orang tua agar memperhatikan protokol kesehatan saat orang tua pulang kerumah setelah beraktifitas di luar rumah.

"Kalau anak-anak itu lebih banyak dari kluster keluarga, jadi ini harus menjadi perhatian orang tua," katanya.

Seperti diketahui, berdasarkan data dari Dinas kesehatan Provinsi Riau hingga saat ini jumlah Balita yang terpapar Covid-19 sudah mencapai 2.639 kasus dan yang masih dirawat ada 196 kasus. Dari jumlah tersebut 12 balita meninggal dunia akibat Covid-19.

(Mediacenter Riau/sa)