close× Telp +62 761 45505
close×

Peringati Hari Jadi Riau ke-64, Pemprov Riau Gelar Berbagai Perlombaan 

Jum'at, 06 Agu 2021 | 621 kali dilihat

PEKANBARU - Meski di tengah pandemi Covid-19, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Riau ke-64 dijamin tetap meriah. Untuk menyemarakkan Hari Jadi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pun menggelar berbagai kegiatan dan perlombaan. 

Asisten III Setdaprov Riau, Syahrial Abdi, yang juga Wakil Ketua Panitia Hari Jadi Provinsi Riau ke-64 tahun 2021, mengatakan berbagai kegiatan dan perlombaan untuk menyemarakkan Hari Jadi Provinsi Riau ke-64 yang jatuh pada 9 Agustus 2021 mendatang sudah dimulai sejak Juli lalu dan akan berlangsung hingga Agustus ini. 

"Adapun kegiatan atau perlombaan tersebut diantaranya pertama sayembara logo HUT Provinsi Riau ke-64. Perlombaan ini telah dilaksanakan dan sudah mendapat pemenangnya," ungkapnya melalui Konferensi Pers di Gedung Daerah, Jumat (6/8/2021). 

Sebagai bentuk perayaan Hari Jadi, Pemprov Riau juga telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 se-Provinsi Riau. Yang mana kegiatan tersebut dipusatkan di beberapa tempat untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat, serta untuk memastikan bahwa akses masyarakat terhadap vaksinasi dapat terlayani dengan baik. 

"Namun bagi masyarakat yang hari ini belum mendapatkan layanan vaksinasi harap bersabar dan maklum, karena memang vaksinasi kita terbatas dan mudah-mudahan dalam waktu dekat Provinsi Riau mendapatkan vaksin," imbuhnya. 

Tak sampai disitu, Pemprov Riau juga telah melakukan gerakan sosial pembagian masker dan gerakan donor darah yang bersumber dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkungan Pemprov Riau. Kemudian ada juga pelepasan 64.000 bibit ikan dan penanaman pohon sebanyak 64.000 batang. 

Lalu pada tanggal 8 dan 9 Agustus mendatang, akan ada kegiatan anugerah budaya. Sedangkan untuk kegiatan yang digelar hari ini adalah lomba permainan tradisional.  

"Pada hari H kita akan melakukan pemberian penghargaan kepada tokoh-tokoh pejuang Riau yang telah dilakukan penilaiannya oleh Dinas Sosial dan beberapa OPD terkait," Abdi menuturkan. 

Berikutnya, telah berlangsung juga lomba fotografi dan video dokumenter. Abdi menilai, masyarakat cukup antusias mengikutinya terlebih kaum milenial. 

"Alhamdulillah masyarakat kita cukup antusias untuk mengikuti apalagi kawan-kawan milenial, kemudian lomba video dokumenter ini juga telah diikuti dan telah menggambarkan bagaimana sisi kreatif dari para pegiat kegiatan seni fotografi dan videografi yang semuanya memberikan kontribusi di perayaan Hari Jadi Provinsi Riau tahun ini," terangnya. 

Bahkan, ada juga beberapa kegiatan yang secara spontan berlangsung di masing-masing Organasis Perangkat Daerah (OPD) yang sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing, seperti pemilihan UMKM dan Koperasi terbaik, ceramah agama yang dialukan secara virtual, lomba ASN terfavorit, lomba cerdas cermat Budaya Melayu tingkat SLTA secara virtual, penghargaan kepada sekolah yang peduli terhadap budaya dan lingkungan atau adiwiyata dan lomba kebersihan.



(Mediacenter Riau/nv)