close× Telp +62 761 45505
close×

TNI AD Wacanakan Kodam Baru di Riau, Ini Alasannya Tegas!

Kamis, 09 Sep 2021 | 212 kali dilihat

PEKANBARU - Tim Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat (Litbang) TNI AD, Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) tinjau wacana pembangunan Komando Daerah Militer (Kodam) di Provinsi Riau. Kamis (9/9).

Tim yang dipimpin lansung oleh Direktur Litbang TNI AD, Brigjen TNI Ahmad Faizal SSos MSc tersebut, juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Riau, Kamis (9/9) di Kediaman Gubernur Riau, Pekanbaru, yang juga didampingi, Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan. 

Dalam sambutanya, Dirlitbang TNI AD, Brigjen TNI, Brigjen TNI Ahmad Faizal mengatakan, jika wacana pembangunan Kodam tersebut, guna memaksimalkan pengawasan serta meningkatkan keamanan dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai wilayah di Indonesia. Termasuk wilayah Riau dan sekitarnya.

Selain itu, pembentukan Kodam Baru di Provinsi Riau ini, juga berdasarkan luas Negara Kesatuan Republik Indonesia yang memiliki luas daratan sebesar 1.919.440 km² yang membutuhkan pengawasan yang cukup maksimal.

"Perencanaannya juga sudah dalam pengkajian jauh hari sebelumnya. Untuk itu kami sangat berterimakasih kepada Gubernur Riau yang telah menyambut kunjungan kami bersama rombongan ke Provinsi Riau ini untuk melakukan peninjauan," katanya.

Lebih jauh, ia juga menjelaskan, jika peninjuan yang dilaksanakan saat ini, juga menjadi dasar pengkajian yang akan disampaikan langsung kepada KASAD sebagai bahan dalam mematangkan rencana pembangunan Kodam baru di Provinsi Riau kedepan. 

"Artinya apa yang kami lihat dan peroleh dari fakta dan informasi di lapangan ini, nantinya menjadi masukan bagi pimpinan dan dasar untuk mematangkan pembangunan Kodam baru di Riau. Mudah-mudahan informasi dari  bapak Gubernur Riau ini juga akan mebantu percepatan pembangunan kedepan," harapnya.

Sementara, Gubernur Riau, Syamsuar menyampaikan, juga sangat berterimakasih dan bangga pada TNI AD yang mewacanakan pembangunan Kodam baru di Riau. Termasuk kunjungan Tim Litbang yang saat ini dalam melakukan peninjauan untuk perencanaan percepatan pembangunan.

"Tentunya kami sangat bangga dan berterima kasih kepada TNI AD sudah mendapat kepercayaan ini. Kami akan memberikan semua informasi dan saran yang di butuhkan oleh Tim Litbang TNI AD kedepan." ujarnya.

Gubri juga mengatakan, jika sebelumnya juga sudah mendapat informasi  pembangunan Kodam baru di Riau ini. Dimana ini juga merupakan harapan baru bagi Riau maupun masyarakat untuk  kemajuan Provinsi Riau lebih baik kedepanya.

"Kita berharap wacana ini segera terwujud dan kita siap membantu TNI AD untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan. Karena keberadaan Kodam ini tidak hanya untuk memaksimalkan  keamanan kedaulatan NKRI tapi juga untuk masa depan para generasi dan anak cucu kita kedepan," tutur Gubri. 



(Mediacenter Riau/az)